Jawabanmu

2014-04-09T17:57:26+07:00
P=1/f Maaf kalau salah :)
P = 100/f
P=1/f
yang mana p adalah dioptri f =fokus
dan 1 engan satuan m atau 100 dengan satuan cm
eh sori salah ketik
Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T17:57:52+07:00
Jika sebuah lensa memiliki jarak fokus yang besar, maka lensa tersebut lemah dalam mengumpulkan atau menyebarkan sinar sehingga dikatakan memiliki kekuatan lensa yang kecil. Besarnya kekuatan lensa akan berbanding terbalik dengan jarak fokusnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kekuatan lensa merupakan harga kebalikan dari jarak fokus lensa tersebut dan dapat dituliskan dalam rumus:

P = 1 / f
dimana, P = kekuatan lensa (dioptri), dan f = jarak fokus lensa (meter)
Jika lensanya cembung, maka kekuatan lensanya positif dan jika lensanya cekung, maka kekuatan lensanya adalah negatif.