Jawabanmu

2014-04-09T17:35:16+07:00
Pada proses A-B, kalor digunakan untuk menaikan suhu es dari -10oC sampai 0oC.
Q = m c (delta T)
Q = (3)(2100)(0-(-10)) = (3)(2100)(10) = 63.000 Joule = 63 kJ (kj = kilo Joule)
Pada proses B-C, kalor digunakan untuk mencairkan semua es menjadi air. Pada proses ini, suhu es tidak mengalami perubahan
Q = m LF
Q = (3)(336.000) = 1.008.000 Joule
Banyaknya kalor yang dibutuhkan es pada proses A-B-C adalah :
63 kJ + 1.008 kJ = 1071 kJ
1 4 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T17:36:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pembahasan :
Massa es dinyatakan dalam satuan gram karenanya ubah menjadi satuan kilogram (satuan internasional).
500 gram = 0,5 kg.

Pada proses B-C, kalor digunakan untuk mencairkan semua es menjadi air
Q = m LF
Q = (0,5)(336.000) = 168.000 Joule

Pada proses C-D, kalor digunakan untuk menaikkan suhu air dari 0oC sampai 30oC
Q = m c (
Δ T)
Q = (0,5)(4200)(30-0)
= (0,5)(4200)(30) = 63.000 Joule

Banyaknya kalor yang dibutuhkan es pada proses B-C-D :
168.000 Joule + 63.000 Joule
= 231.000 Joule


5 4 5