Jawabanmu

2014-04-09T15:12:30+07:00
1. MnO4- + Cl- –> Mn2+ + Cl2 (Asam) 1
. Menuliskan setengah reaksi kedua zat yang akan direaksikan MnO4- –> Mn2+ Cl- –> Cl2

2. Menyetarakan jumlah atom unsur yang terlibat MnO4- –> Mn2+
   2Cl- –> Cl2


3. Menambah H2O pada suasana Asam (pada yg kurang O) dan pada suasana Basa (pada yg kelebihan O)

MnO4- –> Mn2+ + 4H2O 2Cl- –> Cl2

4. Menyetarakan atom Hidrogen (H) dengan menambah H+ pada suasana Asam dan OH- pada susana basa

MnO4- + 8H+ –> Mn2+ + 4H2O 2Cl- –> Cl2

5. Menyetarakan muatan dengan menambah elektron MnO4- + 8H+ + 5e –> Mn2+ + 4H2O  
[selisih elektron pereaksi (7) dan hasil reaksi (2)]
2Cl- –> Cl2 + 2e [elektron pereaksi -2 maka di hasil reaksi harus ditambah 2e]



Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T15:15:39+07:00
Sebenarnya banyak cara, kalau saya :
Misalnya Reaksi Antara Gas Hidrogen dan Gas Oksigen menghasilkan Molekul Air
H₂       +        O₂         ====>     H₂O
H₂O bisa dinyatakan bahwa 1 molekul Air memiliki 1 atom O dan 2 Atom H untuk setiap molekulnya. 
H₂       +        O₂         ====>     H₂O
Jumlah atom O = 2      ====>   atom O = 1
Jumlah atom H = 2      ====>   atom H = 2
kita harus setarakan jumlah masing masing atom pada produk dengan reaktan.
karena pada produk (air) memiliki 1 atom O, sedangkan pada reaktan memiliki 2 atom O, maka kita bisa setarakan dengan koefisien reaksi menjadi :
H₂       +         \frac{1}{2} O₂         ====>     H₂O
Jumlah atom O = 1      ====>   atom O = 1
Jumlah atom H = 2      ====>   atom H = 2
sehingga tercapai persamaan reaksi, bisa kita buktikan bila kita ingin memperoleh 2 mol H₂O, maka koefisien reaksi masing masing zat bisa kita kalikan 2, namun semuanya tetap seimbang.
2H₂       +        O₂         ====>     2H₂O
Jumlah atom O = 2      ====>   atom O = 2
Jumlah atom H = 4      ====>   atom H = 4

Semoga Membantu!!
Jadikan Terbaik ya...