Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T14:22:20+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A. Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan Tarumanegera di Jawa Barat hampir bersamaan waktunya dengan Kerajaan Kutai. Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358, yang kemudian digantikan oleh putranya, Dharmayawarman (382 – 395). Maharaja Purnawarman adalah raja Tarumanegara yang ketiga (395 – 434 M). Menurut Prasasti Tugu pada tahun 417 ia memerintahkan penggalian Sungai Gomati dan Candrabaga sepanjang 6112 tombak (sekitar 11 km).Dari kerajaan Tarumanegara ditemukan sebanyak 7 buah prasasti. Lima diantaranya ditemukan di daerah Bogor. Satu ditemukan di desa Tugu, Bekasi dan satu lagi ditemukan di desa Lebak, Banten Selatan. Prasasti-prasasti yang merupakan sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara tersebut adalah sebagai berikut :Prasasti Tugu
1.   Prasasti Kebon Kopi,
2.   Prasasti Tugu,
3.   Prasasti Munjul atau Prasasti Cidanghiang,
4.   Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
5.   Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
6.   Prasasti Jambu, Bogor
7.   Prasasti Pasir Awi, Bogor.

B.   Kerajaan Kutai
Kerajaan Kutai atau Kerajaan Kutai Martadipura (Martapura) merupakan kerajaan Hindu yang berdiri sekitar abad ke-4 Masehi di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Diperkirakan kerajaan kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini dibangun oleh Kudungga. Diduga ia belum menganut agama Hindu.Peninggalan terpenting kerajaan Kutai adalah 7 Prasasti Yupa, dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta, dari abad ke-4 Masehi. Salah satu Yupa mengatakan bahwa “Maharaja Kundunga mempunyai seorang putra bernama Aswawarman yang disamakan dengan Ansuman (Dewa Matahari). Aswawarman mempunyai tiga orang putra. yang paling terkemuka adalah Mulawarman.” Salah satu prasastinya juga menyebut kata Waprakeswara yaitu tempat pemujaan terhadap Dewa Syiwa.


GAMBAR KE  1 GAMBAR KERAJAAN KUTAI , KALAU GAMBAR KE 2 KERAJAAN TARUMANEGARA
LANJUTAN NYA AKU KIRIM LEWAT PESAN 
40 3 40
2014-04-09T14:30:20+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.Kerajaan Kalingga di Jepara (Jawa Tengah) tahun 640 M (Kerajaan Budha) 
Raja yang terkenal : Ratu Shima 
Peninggalan : 1 Prasasti Tukmas
2 Prasasti Sojomerto
3 Candi Angin
4 Candi Bubrah, Jepara

2. Kerajaan Sriwijaya di Palembang abad VII (Kerajaan Budha) 
Raja yang pertama : Sri Jaya Naga 
Raja yang terkenal : Bala Putra Dewa 
Peninggalan : 
1. Prasasti Kedukan Bukit
2. Prasasti Talang Tuo
3. Prasasti Telaga Batu
4. Prasasti Karang Berahi
5. Prasasti Kota Kapur

3. Kerajaan Majapahit
Raja  : Hayam Wuruk
Peninggalan 
1. Candi Sukuh
2. Candi Cetho
3. Candi Pari
4. Candi Brahu

4. Kerajaan Tarumanegara
Raja : Purnawarman
Peninggalan : Prasasti Kebon kopi, Prasasti Tugu, Prasasti Ciareteun

5.Kerajaan Singasari
Raja  : Kertanegara
Peninggalan: prasasti mula malurung

6. Kerajaan Medang
Raja : Sri Sanjaya
Peninggalan : Candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Prambanan

7. Kerajaan Dharmasraya 
Raja : Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa
Peninggalan : AMOGHAPASA, 
47 3 47