Uang yang kita kenal sekarang ini telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Manusia berburu jika ia lapar, membuat pakaian sendiri dari bahan-bahan yang sederhana, mencari buah-buahan untuk konsumsi sendiri; singkatnya, apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya.
makasih

Jawabanmu

2014-04-09T12:00:26+07:00
Peradaban yang semakin maju, mengakibatkan kebutuhan yang semakin banyak dan bertambah pula, hal tersebut mendorong manusia untuk alat perantara pertukaran yang mudah, praktis, dan mempunyai nilai, maka dikembangkanlah jenis uang. Suatu barang berfungsi sebagai mata uang, apabila memenuhi syarat sebagai berikut :
1.       Dapat diterima oleh siapapun

2.       Tahan lama
3.       Mudah disimpan

4.       Mudah dibawa kemana-mana

5.       Dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil dengan tidak mengurangi nilainya

6.       Jumlahnya terbatas

7.       Nilai uang tetap

Jenis barang yang paling memenuhi syarat tersebut di atas adalah logam terutama emas dan perak, karena awalnya kertas belum ditemukan, maka jenis uang logamlah yang pertama kali ada.
Jenis uang yang pernah ada di Indonesia :
1.       Mata uang kampua (boda), berasal dari Sulawesi berwujud tenunan

2.       Mata uang tembaga, pernah beredar di Banjarmasin

3.       Mata uang krisnala terbuat dari emas dan tembaga, beredar pada masa kerajaan Jenggala

4.       Sebelum tahun 1946 Javasche Bank yang didirikan oleh bank Sirkulasi Belanda mengeluarkan gulden
5.       Uang Jepang

6.       Setelah tahun 1946 pernah beredar ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) dan terakhir jenis uang Rupiah sapai saat ini.
2014-04-09T12:29:42+07:00
Berawal dari barter, karena adanya kesulitan mencocokkan harga, kualitas, dan barang yang akan ditukar, sehingga muncullah uang tapi masih berasal dari logam emas dan perak. kenapa dipilih berasal dari logam, karena tahan lama, kalau dibelah masih ada harga nya, dll. tapi karena logam emas dan perak semakin sedikit jumlah nya di alam, maka dibuatlah uang dari kertas berharga. yang sekarang kita pakai sehari hari. lebih singkat nya seperti itu :))
Komentar sudah dihapus
jadikan yang terbaik yaaa