Jawabanmu

2014-04-08T18:55:51+07:00
Sistem Ekonomi Tradisional, Sistem Ekonomi Komando (Sosialis), Sistem Ekonomi Pasar (Liberal) ,Sistem Ekonomi Campuran
2014-04-08T18:57:05+07:00
1. Kapitalis/Liberalis yaitu sistem perkonomian yang memberikan kebebasan bagi warganya untuk turut serta dalam investasi, kepemilikan infrastruktur, badan usaha, dan kegiatan perkonomian lainnya. Warga negara benar-benar jadi pelaku ekonomi sementara pemerintah hanya sebgai pengawas dan fasilitator. Wewenang pemerintah dalam sektor mikro dibatasi. 

2. Komunis/Sosialis yaitu sistem perkonomian yang mengekang warganya sehingga kepemilikan atas aset, investasi, dan badan usaha dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah. Rakyat hanya tinggal melaksanakan apa yang telah diinstruksikan pemerintah. Dengan kata lain adalah sistem komando. 

3. Sistem ekonomi campuran. 
Pada prakteknya inilah sistem ekonomi yang sering dipakai di berbagai negara, karena tidak ada negara yang sepenuhnya liberalis atau sosialis, yang ada adalah kecenderungan. Sistem ekonomi campuran ini gabungan antara 2 sistem ekonomi di atas, dan punya banyak variasi. Baik Liberalis maupun Sosialis punya kelebihan dan kekurangan, sehingga kelebihan masing-masing dipadukan dalam sistem ekonomi campuran. 

Sistem ekonomi Pancasila yang dianut di Indonesia sebenarnya adalah sistem ekonomi campuran.