Jawabanmu

2014-04-08T18:50:21+07:00
Latar Tempat
Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di sebuah sekolah bernama SD Muhammadiyah yang terletak di Belitong Timur, Sumatera Selatan. Namun, ada pula yang latarnya adalah di rumah, pohon, gua, tepi pantai, pasar dan lain-lain tapi masih di kawasan Belitong.

Latar Waktu
Novel ini dibuat berdasarkan kisah nyata walaupun ada sedikit imajinasinya, jadi latar waktu yang digunakan adalah sekitar tahun 1974-an.

Latar Suasana
Latar suasana yang ada dalam novel ini beragam dikarenakan konflik-konfik yang muncul juga beragam. Ada senang, sedih, hingga cemas. Berikut beberapa penggalan kisah yang menjelaskan suasana dalam novel :
1)      Suasana Sedih. Salah satu penggalan cerita yang menggambarkan suasana sedih ialah saat Ikal, teman-temannya dan Bu Muslimah berpisah dari Lintang yang memutuskan berhenti sekolah karena harus mengurusi keluarga yang ditinggal mati ayahnya.
2)      Suasana Senang. Salah satu penggalan cerita yang menggambarkan suasana senang ialah saat tim cerdas cermat SD Muhammadiyah berhasil memenangkan pertandingan.
3)      Suasana Cemas. Salah satu penggalan cerita yang menggambarkan suasana cemas ialah saat Pak Harfan, Bu Muslimah dan calon murid SD Muhammadiyah beserta orang tuanya menunggu untuk melengkapi jumlah siswa menjadi 10 calon siswa yang mendaftar agar sekolah tidak ditutup.
2014-04-08T18:50:59+07:00
Tempat kejadian Sekolah SMA bukan main, los pasar ikan, peti es, los kontrakan, gubuk Arai, ladang tebu, Rumah Ikal, Rumah mak cik, Pabrik Cincau, Pantai, Semenanjung Ayah, Dermaga, Sungai Mangar, balai desa, bioskop, ranch capo, rumah bang Zaitun, rumah Victoria, Tanjung Periok, terminalbBogor, kamar kos, took fotocopy, Pusat Perhubungan Angkatan Darat di Cimahi, UI Depok, Kalimantan. latar waktu : senin pagi, habis magrib, dan tengah malam.
2 1 2