Jawabanmu

2014-04-08T15:08:36+07:00
Bila suatu zat dipanaskan (suhunya dinaikkan) maka molekul-molekulnya akan bergetar lebih cepat dan amplitudo getaran akan bertambah besar, akibatnya jarak antara molekul benda menjadi lebih besar dan terjadilah pemuaian. Pemuaian adalah bertambahnya ukuran benda akibat kenaikan suhu zat tersebut.Pemuaian dapat terjadi pada zat padat, cair, dan gas. Besarnya pemuaian zat sangat tergantung ukuran benda semula, kenaikan suhu dan jenis zat. Efek pemuaian zat sangat bermanfaat dalam pengembangan berbagai teknologi.
2014-04-08T15:10:05+07:00
Benda dapat memuai jika bendanya terkena panas / jika dipanaskan.
Setiap benda terdiri dari zat-zat penyusunnya yang sangat kecil. Zat-zat tersebut saling berikatan satu sama lainnya. Zat tersebut berikatan sambil bergetar, walaupun getarannya sangat kecil dan tidak bisa dilihat oleh mata.
Getaran zat bergantung pada suhu lingkungannya, semakin panas getarannya akan semakin kuat. Jika getarannya semakin kuat maka jarak antara zat yang satu dan lainnya menjadi lebih renggang / jauh. Karena itu benda yang dipanaskan ukurannya akan bertambah besar, sebaliknya jika didinginkan ukurannya akan semakin kecil.