Zat cair A bersuhu 80° C dicampurkan dengan zat cair B yg bersuhu 30° C. Kedua zat cair akan mengalami suhu setimbang sebesar 45°C berapakah perbandingan masa a dan b jika kalor jenis a dan b 1 kal/g°c dan 0,5 kal/g°c

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-08T11:43:48+07:00
Qlepas = Qserap
mA cA ΔT = mB cB ΔT
mA 1 (80-45) = mB 0,5 (45-30)
35 mA = 7,5 mB
mA / mB = 7,5 / 35
mA / mB = 1,5 / 7

Jadi perbadingannya mA : mB adalah 1,5 : 7
1 5 1
2014-04-08T11:54:22+07:00
Q yang dilepaskan = Q yang diserap
mA cA ΔT = mB cB ΔT
mA 1 (80-45) = mB 0,5 (45-30)
35 mA = 7,5 mB
mA / mB = 7,5 / 35
mA / mB = 1,5 / 7

mA : mB adalah 1,5 : 7