Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-08T16:30:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
Hitunglah kalor yang dibutuhkan untuk menaikan suhu 100 gram es -5°c menjadi uap air 100°c!
L lebur es = 80 kal/g.
L didih air = 540 kal/g.
C es = 0,5 kal/gr°c.
C air = 1 kal/gr°c.
Jawaban :
Diketahui :
m.es = 100 gr
T₀ = -5°c
T₁ = 100°c
L lebur es = 80 kal/g.
L didih air = 540 kal/g.
C es = 0,5 kal/gr°c.
C air = 1 kal/gr°c.
Ditanyakan : Q.total = ?
Penyelesaian :
Pertama kita cari perubahan suhu :
Δt = 100°c - (-5)°c = 105°c

⇒ Fase 1 (kalor yg dibutuhkan es)
Q₁ = m·c·Δt
     = (100 gr) × (0,5 kal/gr°c) × (105°c)
     = 5250 kal
     = 5,25 kkal

⇒ Fase 2
Q₂ = m.es × L.es
     = (100 gr) × (80 kal/g)
     = 8000 kal
     = 8 kkal

⇒ Fase 3 (kalor yg dibutuhkan air)
Q₃ = m·c·Δt
     = (100 gr) × (1 kal/gr°c) × (105°c)
     = 10500 kal
     = 10,5 kkal

Sehingga Untuk Q.total :
Q.total = Q₁ + Q₂ + Q₃
           = 5,25 kkal + 8 kkal + 10,5 kkal
           = 23,75 kkal

Jadi Kalor yg dibutuhkan ialah 23,75 kkal 



NB :
atau bisa juga anda jadikan dalam satuan joule dengan cara :
23,75 × 4186 = 99417,5 Joule

Jadikan yg terbaik ya, dengan memberi label terbaik :)
maaf jwbnny slah ini..
Q1 = 100.0,5.5 = 250 kal.. knp prubahan suhu untuk Q1 = 5? krn dri suhu -5 es hrus brhenti dlu di suhu 0 untk mlebur shg delta T = 5 celcius.. lalu Q2 = 100.80 = 8000 kal.... dan Q3 = 100.1.100 = 10000 kal.. knp delta T untk Q3 = 100 ? krn td es stlah melebur sluruhny kn dri suhu 0 trua naik lagi smpe suhu 100 mkany delta T Q3 = 100 shg Qtotal = 18250 kal atau 18,25 kkal... jgn khwatir jwbn ini ga mngkin slah krn sya guru OSN fisika :) jdikan yg trbaik y :)
2014-04-08T23:43:51+07:00