Harga 4 sendok dan 5 garpu Rp 54. 900,-- sedangkan 2 sendok dan 3 garpu Rp 30.700,--. harga 1 sendok dan 1 garpu adalah ...

2
pertama sendok= S
garpu = G
4s+5g=54900
2s+3g=30700
______________ -
2s+2g=24200
perbandingan kedua
2s+3g=30700
2s+2g=24200
dikurang
hasilnya
g=6500
terus tinggal subtitusi aja kedalam soal :)
misal kita pake yang 2s+2g=24200
jadinya 2s+2(6500)=24200
2s=24200-13000
2s=11200
s=11200/2
s=5600

Jawabanmu

2014-04-07T21:11:33+07:00
Ini menggunakan rumus persamaan..
anggap saja sendok=x dan garpu=y jd
4x+5y=54.900
2x+3y=30.700

lalu mencari x= (3 x 54.900) - (5 x 30.700) dibagi (4 x 3) - (2 x 5)
mencari y= (4 x 30.700) - (2 x 54.900) dibagi (4 x 3) - (2 x 5)
dan tinggal diganti x dan y...
klo kurang jelas maaf..
ini cara cepat dgn perkalian silang..
Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T21:29:51+07:00
X=sendok
y= garpu
4x+5y=54.900 |kali 1
2x+3y=30.700 |kali 2

menjadi
4x+5y=54.900
4x+6y=61.400
                     _
----------------------
       -1y= -6.500
         y = -6.500 : -1
         y = 6.500

2x+3y=30.700
2x+ 3(6.500)= 30.700
2x+19.500= 30.700
2x=30.700-19.500
2x= 11.200
x= 11200 : 2
x = 5.600

ditanya 1 sendok+1garpu
1x+1y=?
1(5.600)+ 1(6.500)=
5600+6500= 12.100

               

1 5 1