1. Bagian awal yang berisi pengenalan tokoh,
latar tempat dan waktu, dan awalan masuk ke
tahap berikutnya. (Orientasi)
2.Bagian ini tokoh utama berhadapan dengan
masalah (problem). Bagian ini menjadi inti
teks narasi; harus ada. Jika tidak ada masalah,
masalah harus diciptakan. (Komplikasi)
3.Bagian ini merupakan kelanjutan dari
komplikasi, yaitu pemecahan masalah.
Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif (Resolusi)

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T21:01:28+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
struktur teks cerita pendek terdiri dari :
1) orientasi : latar,perkenalan tokoh dan sifatnya
2) komplikasi : tokoh utama berhadapan dengan masalah
3) Resolusi : pemecahan masalah
3 3 3
2014-04-07T21:02:31+07:00
Yaitu perbuatan, penokohan, latar, sudut pandang, dan alur (plot). Tokoh yang dikisahkan melakukan perbuatan atau tindakan yang terjadi pada waktu dan tempat (latar) tertentu berdasarkan tahapan-tahapan tertentu (plot) dari sudut pandang (pusat pengisahan) penulisnya. Daya pikat sebuah teks cerpen sangat ditentukan oleh keterampilan sang penulis dalam menyatukan unsur-unsur cerita sehingga mampu merangsang minat pembaca untuk mengetahui jalan cerita selanjutnya.
4 2 4