Jawabanmu

2017-01-08T13:45:48+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Halo Dianfortuna!

Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan kamu, yakni:
1. Bahasa Batak "Selamat pagi" = Horas.
2. Bahasa Batak "Baik-baik saja" = Hipas-hipas do.

Penjelasan:
1. Bahasa Batak asli/sebenarnya dari kata "Selamat pagi" cukup dengan kata/ungkapan "horas" saja. Makna dari kata/ungkapan "horas" adalah: halo, salam, atau ungkapan sapaan sejenisnya. Jadi, pada dasarnya, kata/ungkapan "horas" merupakan bentuk ungkapan sapaan.
Mungkin kamu heran atau penasaran, "horas" kok artinya selamat pagi? Jawabannya adalah karena dalam Bahasa Batak tidak ada kata/ungkapan yang lebih spesifik untuk kata "selamat pagi". Jadi, cukup kata/ungkapan "horas" saja, tidak perlu tambahan kata/ungkapan lain.
Agar kamu lebih mudah memahaminya, kamu juga bisa membandingkan dengan kata/ungkapan "selamat siang", "selamat sore", "selamat malam".  Ketiga kata/ungkapan tersebut tetap saja Bahasa Bataknya adalah "horas".
Jadi Bahasa Batak dari kata/ungkapan "selamat pagi" yang digunakan mulai dari nenek-moyang hingga orangtua, maupun anak-anak  (semua golongan umur) dalam masyarakat Batak asli adalah "horas".
Jika 
 Dianfortuna, mendengar dari orang lain bahwa Bahasa Batak dari "selamat pagi" adalah "selamat pagi" juga, atau "salamat pagi", itu bisa. Tapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya kata/ungkapan itu bukanlah Bahasa Batak aslinya. Itu merupakan serapan kata/ungkapan dari Bahasa Indonesia sebagai hasil dari proses akulturasi/percampuran budaya. Dan memang, pada kenyataannya, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Batak pada masa sekarang ini kata "selamat pagi" atau "salamat pagi" sudah biasa digunakan. Begitu pula dengan selamat siang, selamat sore, maupun selamat malam.
Perlu Dianfortuna ketahui juga, bahwa Bahasa Batak "pagi" adalah "manogot". Namun, kata ini tidak dipergunakan/diperuntukkan untuk ungkapan seperti yang kamu tanyakan. Karena kata "manogot" merupakan kata keterangan waktu.
2. Bahasa Batak "baik-baik saja" adalah "hipas-hipas do". Kata-kata ini terdiri dari:
* Baik-baik = Hipas-hipas.
* Saja = Do.
Agar lebih mudah dipahami, kamu bisa membandingkan dengan:
 "cuma ini saja? = holan on do?"

Sekian jawaban dari saya. Semoga Dianfortuna dapat memahaminya dengan baik.