Jawabanmu

2014-04-07T19:39:02+07:00
Serangan jepang terhadap pearl harbour
2014-04-07T19:39:30+07:00
PENYEBAB PERANG DUNIA II
A. PENYEBAB TIDAK LANGSUNG PERANG DUNIA II
1. Munculnya Nasionalisme Berlebihan

* Nasionalisme yang ikut memicu Perang Dunia I, semakin berkembang setelah perang selesai. Bahkan , nasionalisme cenderung menjurus menjadi chauvinisme. Kecenderungan tampak pada kebanggaan berlebih terhadap bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.
* Nasionalisme berlebihan yang muncul di Italia, Jerman, dan Jepang. Di Italia, berupa klaim atas wilayah yang pernah menjadi bagian Kekaisaran Romawi. Di Jerman, berupa pengejaran terhadap bangsa Yahudi dalam rangka pemurnian ras Arya. Di Jepang, berupa klaim atas Asia sebagai kesatuan kawasan di bawah Jepang.

2. Timbulnya Pemerintahan Diktator

* Krisis berlarut-larut setelah Perang Dunia I memunculkan anggapan bahwa pemerintahan demokratis tidak bisa dipertahankan. Timbul kecenderungan untuk menempatkan pemerintah di bawah satu penguasa. Keberhasilan pemerintahan diktator memulihkan stabilitas ekonomi membangkitkan dukungan dari masyarakat sekaligus mendorong negara lain untuk menerapkan model pemerintahan yang sama.
* Pemerintahan diktator antara lain muncul di Italia, Jerman, Spanyol, Uni Soviet, dan Jepang.

3. Munculnya Politik Agresi Militer

* Politik agresi militer muncul bersama di Italia, Jerman, dan Jepang, sekitar tahun 1930-an. Politik agresi militer itu berdasarkan doktrin tertentu dalam negara masing-masing. Doktrin itu menjadi alasan klaim atas suatu wilayah. Misalnya, Jerman merasa berhak atas Rhineland karena wilayah itu dihuni oleh bangsa Jerman.
* Politik agresi militer Italia berdasarkan doktrin Italia Irredenta, politik agresi militer Jerman berdasarkan doktrin Lebensraum, politik agresi militer Jepang berdasarkan doktrin Hakko-ichi-u
* Politik agresi militer erat kaitannya dengan upaya menguasai wilayah kaya akan bahan mentah industri, termasuk industri mesin perang.
* Politik agresi militer terlaksana dalam serangan Italia ke Afrika Utara dan Ethiopia, serangan Jerman ke Rhineland dan Austria, dan serangan Jepang ke Manchuria dan China.

B. PENYEBAB LANGSUNG PERANG DUNIA II

 Serangan Jerman atas Polandia pada tanggal 1 September 1939, mengawali pertempuran di Front Eropa dan Afrika Utara.

 Serangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai, pada tanggal 7 Desember 1941 mengawali pertempuran di Front Pasifik.