Jawabanmu

2014-04-07T17:49:37+07:00
GSPD² = AB² - ( R - r )²
16² = 34² - (3/2r + r)²
256 = 1156 - (3/2r + r)²
√900 = 3/2 r + r
30 x 2/5 = r
r = 12 cm 
34 = R + 12
R = 22 cm
Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T18:01:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui :
p = 34 cm
rA = 1 1/2 kali B atau 3/2B
d = 16 cm
Ditanyakan : rA dan rB
Penyelesaian :
d = \sqrt{p^{2}-(rA+rB)^{2}}

d^{2} = p^{2}-(rA+rB)^{2}

16^{2} = 34^{2}-(rA+rB)^{2}

256 = 1156-(rA+rB)^{2}

256 - 1156= -(rA+rB)^{2}

-900= -(rA+rB)^{2}  kalikan negatif maka :

900= (rA+rB)^{2}

(rA+rB) =  \sqrt{900}

rA+rB =  30

Karena rA = 3/2B maka :
3/2rB+rB = 30

rB+rB =  \frac{30\times2}{3}

2rB =  \frac{60}{3}

2rB =  20

rB =  20/2

rB =  10\,\, cm

Karena jari-jari di B 10 cm maka jari-jari di A iala :
rA+rB = 30

rA+10 = 30

rA = 30 - 10

rA = 20\,\,cm


Maka Jari jari di A = 20 cm dan di B = 10 cm

@Jeni12 : caranya diatas sudah benar kok dalam pemindahannya cuman saya jabarkan
@Angel1 : coba cek brainly.co.id/tugas/120561 , sudah saya edit...
@Icuk : begini kak.. kan tadi diatas sudah ditulisin yang 256 = 1156 - (ra+rb)2.. nah itu bisa dipindah yang (ra+rb)2 nya karena minus... tukeran sama yang 256... jadi (ra+rb)2 = 1156 - 256.. (ra+rb)2 = 900.... kuadrat boleh dipindah ke sebelahnya jadi akar.. jadinya ra+rb = 30... nah ra diketahui 3/2rb... jadi kalau dimasukkan.. 3/2rb+rb = 30.... 5/2rb=30 ... rb = 30 x 2/5... rb = 12 cm...
@Jen12 : Ok, Siip Saya ralat aja ya :)
Ralat Dari :
Karena rA = 3/2rB maka :
3/2rB + rB = 30
5/2rB = 30
rB = 30 x 2/5
rB = 60/5
rB = 12 cm

Maka Untuk rA :
rA + rB = 30
rA + 12 = 30
rA = 30 - 12
rA = 18 cm

Jadi Jari-jari di A = 18 cm dan jari-jari di B = 12 cm