{1}. Panjang sisi belah ketupat ABCD = 5 cm dan panjang diagonal AC = 6 cm. Hitunglah!

a. Panjang BD,

b. Luas ABCD!

{2}. Keliling sebuah persegi sama dengan keliling persegi panjang. Jika keliling persegi 40 cm dan lebar persegi panjang 5 cm, hitunglah panjang persegi panjang tersebut!

{3}. Diagonal-diagonal layang-layang PQRS berpotongan di titik T. Panjang PT = 9 cm, QT = 12 cm, TS = 40 cm. Hitunglah!

a. Panjang PQ,

b. Panjang QS,

c. Keliling layang-layang tersebut!

Tolong bantuan nya yaa ^__^

2

Jawabanmu

2014-04-07T18:10:57+07:00
1a. panjang BD = 6cm b. luas=1/2 . d1 . d2 = 1/2 . 6.6 = 18 cm2 2.keliling persegi=keliling persegi panjang 40 cm = 2l.2p 40 cm = (2.5 ).2p 40 cm = 10 . 2p 40 - 10=2p 30 = 2p p = 15 3. a. panjang PQ = akar 9 pngkt 2 + 12 pngkt 2 = 15cm b. QT+TS =12+40 = 52 cm c.pnjang PQ = 15 panjang QR =PQ = 15 panjangRS = akar 40 pngkt 2 + 9 pngkt 2 = 41 cm panjangSP = RS = 41 cm keliling = 15+15+41+41=112 cm
Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T18:49:40+07:00
1. a. misalnya titik potong AC dan BD adalah O
maka panjang BO =  \sqrt{ 5^{2} - 3^{2}
                           =  \sqrt{25-9}
                           =  \sqrt{16} = 4
Panjang BD = 2BO
                  = 2 × 4 = 8 cm

b. Lbelah ketupat =  \frac{d1 x d2}{2}
                          =  \frac{8 x 6}{2}
                          =  \frac{48}{2} = 24 cm²

2. K persegi = K persegi panjang
   4s = 2p + 2l
   40 = 40
   40 = 2p + 2×5
   40 = 2p + 10
   40 - 10 = 2p
   30 = 2p
   p =  \frac{30}{2} = 15 cm.

3. a. panjang PQ =  \sqrt{ 9^{2} + 12^{2}
                         =  \sqrt{81 + 144}
                         =  \sqrt{225} = 15
b. Panjang QS = panjang QT + panjang ST
                      = 40 + 12
                      = 52 cm
c. KLayang - layang = 2PQ + 2PS
                              = 2×15 + 2×41
                              = 30 + 82
                              = 112 cm

Panjang PS =   \sqrt{ 40^{2} + 9^{2}
                         =  \sqrt{1600 + 81}
                         =  \sqrt{1681} = 41 cm

Semoga membantu dan jadi yang terbaik ya~