Seorang
pemborong
menyanggupi suatu
proyek
selesai
oleh
30 orang Pegawai
dalam
waktu
24 hari.
Setelah
10
hari
pekerjaan
dilaksanakan
karena
sesuatu
hal,
pekerjaan
terhenti
selama
4 hari.
Supaya pekerjaan
proyek tersebut
selesai
tepat
waktu
, berapakah
tambahan
pegawai
yang diperlukan ?



2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T16:48:44+07:00
( 24 x 30 ) - ( 10 x 30 ) 720 - 300 420 420 : ( 24 - 10 - 4 ) 420 : 10 42 42 - 30 = 12 jadi tukang yg harus ditambahkan adalah 12 orang
terima kasih atas jawaban saya yg dijadikan terbaik : )
sama2
2014-04-07T16:55:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sisa waktu mengerjakan  proyek  24 – 14 = 10 hari.
Misalkan banyaknya tambahan pegawai  yang diperlukan yaitu  p orang.
30 orang dalam 24 hari dapat menyelesaikan 1 pekerjaan, …………………….. (1)

Berarti :   
30 orang dalam 1 hari  dapat menyelesaikan  1/24 pekerjaan, maka

30 orang dalam 10 hari dapat menyelesaikan   10/24   pekerjaan.

Jadi pekerjaan proyek yang tersisa   1- 10/24 =  14/24  pekerjaan.

Dengan demikian,(30+p) orang dalam waktu 10 hari  dapat menyelesaikan 14/24  pekerjaan.

(30+p) orang dalam (10 x 24)/14  hari dapat menyelesaikan 1 pekerjaan  ……....…(2)

Hasil kali nilai-nilai pada  pernyataan (1)  dan pernyataan (2) bernilai sama, sehingga

30 x 24 = (30+p) x   (10 x 24)/14
30+p = 3 x 14
(30+p) =   42
P        =   12                
Jadi tambahan pegawai yang diperlukan sebanyak 12 orang.