Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T16:02:22+07:00
Asal kata Imperialisme:Imperator: memerintah.Imperium: sebuah kerajaan besar dengan daerah jajahan yang luas.Pengertian: Sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya. Caranya dengan membentuk pemerintah jajahan/menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan.
Imperialisme dibedakan menjadi:Imperialisme kuno: berlangsung sebelum terjadinya Revolusi Industri. Negara pelopor adalah  Portugis dan Spanyol.Imperialisme modern: berlangsung setelah Revolusi Industri. Negara pelopor adalah Inggris.
Revolusi Industri terjadi di Inggris pada pertengahan abad ke-18 sampai abad ke-19 (1750-1850). Revolusi industri adalah perubahan cara kerja manusia dari menggunakan tenaga manusia menjadi menggunakan tenaga mesin.
Asal kata Kolonialisme:Colonia: tanah permukiman/jajahan.Coloni: negara yang dikuasainya.Pengertian : Suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain.
Faktor-faktor pendorong terjadinya penjelajahan dunia:Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.Perkembangan teknologi kemaritiman yang memungkinkan pelayaran dan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292).Perjalanan Ordoric da Pardenone menuju Campa yang sempat singgah di Jawa pada abad ke-14. Ordoric melaporkan sekilas mengenai kebesaran Majapahit.Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan bendabenda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).
Persaingan perdagangan yang terjadi antar bangsa Eropa di Indonesia sangat merugikan Belanda. Oleh karena itu, timbul pemikiran pada orang-orang Belanda agar perusahaan-perusahaan yang bersaing itu menggabungkan diri dalam satu organisasi. Akhirnya mereka membentuk Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) artinya Perserikatan Maskapai Hindia Timur. VOC terbentuk pada tanggal 20 Maret 1602 Di Indonesia VOC memiliki wewenang dan Tujuan pembentukan VOC sebenarnya tidak hanya untuk menghindari persaingan di antara pedagang Belanda, tetapi juga:menyaingi kongsi dagang Inggris di India, yaitu EIC (East India Company),menguasai pelabuhan-pelabuhan penting dan kerajaan-kerajaan, sertamelaksanakan monopoli perdagangan rempah-rempah.
jadikan yang terbaik ya
jadikan yang terbaik ya
2014-04-07T16:08:45+07:00
kalau Portugis pertama kali datang ke Maluku dan diterima baik oleh Sultan Ternate Kebaikan Sultan Ternate sebenarnya mempunyai maksud, yaitu untuk mengurangi ancaman Kerajaan Tidore, menjalin kerja sama dengan Portugis supaya Tidore tidak berani menyerang, sebab mereka bermusuhan sejak lama Situasi ini dimanfaatkan oleh Portugis dengan sebaik mungkin.  Portugis menerima imbalan yang disetujui Sultan Ternate, yaitu: hak monopoli perdagangan  di Kerajaan Ternate

kalau Belanda menggunakan VOC. d
i Maluku VOC mengadakan perjanjian dengan kerajaan Hitu dan Ternate untuk menghadang pengaruh Portugis, serta memaksa penguasa Ternate untuk menandatangani perjanjian yang mengakui kekuasaan VOC. Di Jawa VOC mempengaruhi penguasa Banten untuk menanamkan dominasinya di kerajaan tersebut.  VOC mengubah nama Jayakarta menjadi Batavia sesuai dengan nama bentengnya. VOC memaksa kerajaan Mataram untuk mengakui kekuasaannya dengan Perjanjian Giyanti (1755) dan Salatiga (1757) Di Sulawesi VOC memaksa Kerajaan Gowa menandatangani Perjanjian Bongaya.

semoga membantu,maaf kalau kurang lengkap,klik jawaban terbaik yaa.
1 5 1