Jawabanmu

2014-04-07T15:06:48+07:00
U5/U2 = a x r*4/a x r = -48/6
r*3 = -8
r = -2
cat : * pangkat
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T15:15:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
suatu barisan geometri mempunyai U2 = 6 dan U5  = -48, rasio barisan tersebut adalah
Jawaban :
Rumus Umum :
U_{n} = a.r^{n-1}

Maka Untuk Urutan Kedua :
U_{2} = a.r^{2-1} = 6

U_{2} = a.r = 6

Untuk Urutan Ke 5 :
U_{5} = a.r^{5-1} = -48

U_{5} = a.r^{4} = -48

Sehingga Untuk Nilai rasio (r), ialah dapt dicari dengan memasukkan data urutan ke 2 ke data urutan ke 5 :
a.r⁴ = - 48
⇒ a.r.r³ = - 48
⇒ 6.r³ = - 48
⇒ r³ = -48/6
⇒ r³ = -8
⇒ r = ∛-8
⇒ r = - 2

Jadi Rasionya ialah - 2

3 5 3