Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-07T09:33:33+07:00
Dna itu double helix, sedangkan rna single helix
1 5 1
2014-04-07T09:33:49+07:00
Secara sederhana kita dapat menyatakan perbedaan DNA dan RNA sebagai berikut.

1.Gula penyusun DNA adalah deoksiribosa,
sedangkan gula penyusun RNA adalah ribosa

2.DNA memiliki Timin sedangkan RNA memiliki Uracyl.
Basa nitrogen yang terdapat dalam DNA terdiri atas purin yang tersusun atas Adenin(A) dan Guanin (G), dan pirimidin yang tersusun atas Timin (T) dan Cytocine(C)
Sedangkan pada RNA basa Nitrogennya tersusun atas purin, sama dengan DNA yaitu Adenin dan Guanin, tetapi Pirimidin dalam RNA tersusun atas Uracyl(U) dan Cytocine(C), jadi Timin dalam DNA digantikan oleh Uracyl.

3.Rantai DNA panjang dan ganda berpilin (double helix), sementara rantai RNA pendek dan tunggal

4. DNA biasanya dapat ditemukan di mitokondria, kloroplas, dan terutama di nukleus.
Sementara RNA dapat ditemukan di ribosom (r-RNA), sitoplasma(t-RNA) dan di nukleus (m-RNA)

5. DNA berperan untuk mewariskan sifat dan mensintesis protein
sedangkan RNA hanya berperan dalam mensintesis protein saja.

6. Kadar DNA dalam sel tetap, sementara kadar RNA berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan sintesis protein.

Semoga bermanfaat.... jadikan terbaik ya :)
1 5 1