Jawabanmu

2014-04-06T16:42:14+07:00
Cacing pipih mempunyai alat ekskresi yang sangat sederhana. Misalnya saja Planaria.
Planaria mempunyai alat ekskresi berupa sel api yang terdapat pada bagian kanan dan kiri tubuhnya.

Planaria mempunyai alat ekskresi berupa sel api yang terdapat pada bagian kanan dan kiri tubuhnya. 

Serangga memiliki tingkatan hidup yang lebih tinggi daripada cacing pipih dan cacing tanah. Oleh karena itu, alat ekskresinya pun lebih sempurna. Alat ekskresi serangga dan Artropoda lainnya adalah tubula atau pembuluh Malpighi.


kalau proses pembentukan urine pada manusia apa?
2014-04-06T16:54:36+07:00

1.cacing planaria alat ekskresi berupa sel api yang terdapat pada bagian kanan dan kiritubuhnya. Setiap sel api yang berada pada tubuh makhluk ini memiliki rambut getar . Saluran yang berperan dalam proses ekskresi.Planaria dinamakan protonefridium.Pergerakan rambut getar akan menarik air dan zat terlarut ke dalam sel api untuk disaring. Getaran silia akan mendorong sisa metabolisme keluar tubuh melalui suatu lubang pengeluaran yang disebut nefridiopori.

2.Cacing tanah memiliki alat ekskresi khusus yang terdapat pada setiap segmen tubuhnya. Alat ekskresi ini bernama nefridium Pada setiap segmen tubuh cacing tanah terdapat sepasang nefridium.Saat silia pada nefrostom bergetar, cairan tubuh dari segmen disebelahnya akan mengalir ke dalam nefridiumzat berguna seperti glukosa dan ion-ion diserap oleh darah untuk dialirkanmelalui pembuluh kapiler. Sedangkan zat sisa seperti air, senyawa nitrogen,dan garam yang tidak berguna oleh tubuh dikeluarkan melaluinefridiopori.

3.Serangga sistem ekresinya yaitu pembuluh Malpighi menyekresikan zatsisa berupa urea, limbah nitrogen, dan garam secaraosmosis dari hemolimfa menuju rongga pembuluh.Sebagian besar zat-zat yang berguna diserap kembali melewati jaringan epitelium pada rektum dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh hemolimfa. Sebaliknya, limbah bernitrogen mengendap menjadi asam urat yang dikeluarkan bersama feses lewat anus

semoga membantu,klik jawaban terbaik yaa(soalnya ketik jawabanya capek:D)

5 3 5