Seorang pedagang membeli 50 buah durian dengan harga rp5,000,00 tiap buah. sebanyak 25 buah dijual dengan harga rp10.400,00 tiap buah,20 buah dijual dengan harga rp4.500,00 tiap buah dan sisanya busuk.untung atau rugikah pedagang itu?tentukan berapa persen untung atau ruginya!
jawab beserta cara.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-06T10:58:05+07:00
50 Buah Ketika Beli = Rp.250.000,-

Penjualan pertama 25 Buah = 25 x 10.400 = Rp.260.000,-
Penjualan kedua 20 Buah = 20 x 4.500 = Rp.90.000,-
Busuk = 50 - (25 + 20) = 5 Buah

Total Penjualan = Rp.350.000,-

Untung (Dalam Rp) = Rp.100.000,-

Untung (Dalam %) = 100.000/250.000 x 100
Untung (Dalam %) = 40%

Jadi Keuntungan Pedagang Tersebut adalah 40%

Semoga dapat membantu ^ ^
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan

1 5 1
2014-04-06T11:07:55+07:00
Harga beli =50*5000= 250.000
harga jual 1= 25*10.400= 260.000
harga jual 2= 20*4.500= 90.000
260.000+90.000=350.000
harga beli = 300- (20+25) = 5 * 5.000=225.000
untung =350.000-225.000=125.000
% untung =125.000/250.000* 100%= 50 %
1 5 1