Dua buah bola masing-masing massanya 2 kg dan 4 kg bergerak saling mendekati dengan kecepatan masing-masing 4 m/s dan 0,5 m/s, hingga saling bertumbukan. JIka tunbukan tidak lenting sama sekali, hitunglah kecepatan kedua bola setelah bertumbukan!

2

Jawabanmu

2014-04-05T16:52:23+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Penyelesaian :
Diketahui :
m1 = 2 kg; m2 = 4 kg;
v1 = 4 m/s; v2 = –0,5 m/s

Ditanya :
v1’ = …?
v2’ = …? (tumbukan tidak lenting sama sekali)

Jawab :
Gunakanlah persamaan :
v1’ = v2’ = v’

Hukum kekekalan momentum:
m1.v1 + m2.v2
= m1.v1’ + m2.v2’
2. 4 + 4.(–0,5)
= 2. v’ + 4.v’
8 – 2 = 6. v’ ––––––> 6. v’ = 6 ––––> v’ =6/6 = 1 m/s

Jadi kecepatan kedua benda setelah tumbukan adalah 1 m/s.

Jawaban paling cerdas!
2014-04-05T16:55:49+07:00
M₁v₁' + m₂v₂' = m₁+m₂
(2 . x) + (4 . x) = 2 + 4
2x + 4x = 6
6x = 6
x = 1 m/s

Semoga dapat membantu ^ ^
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan
1 5 1