Jawabanmu

2014-04-05T13:14:45+07:00
Kewenangan yg dimiliki oleh MI adl akses ke MI yg hanya terbuka utk negara individu (satu) dan organisasi2 internasional tdk dpt menjadi pihak dari suatu sengketa di depan Mahkamah Internasional (MI).
Pd prinsipnya, MI hanya terbuka bagi negara2 anggota dari statuta.

Keputusan Mahkamah adl keputusan organ hukum tertinggi di dunia. Penolakan suatu negara terhadap keputusan lembaga tersebut hanya akan dpt merusak citra negara tersebut dalam pergaulan antar bangsa.

Kewenangannya... :
Yuridiksi Mahkamah terbagi 2 (dua) macam:
1 (pertama)
a. Utk memutuskan perkara-perkara perdebatan;
b. Utk memberi opini-opini nasihat;
c. Memeriksa perselisihan/sengketa antara negara-negara anggota PBB yg diserahkan kpd MI.

Menurut Mahkamah ada beberapa pembatasan penting atas pelaksanaan fungsi2 yudisialnya dlm kaitan yuridiksi perdebatan dan terhadap hak-hak dari negara utk mengajukan klaim dlm lingkup yuridiksi ini, yaitu:
2 (kedua)
a. Mahkamah tdk boleh memberikan putusan abstrak, utk memberikan suatu dasar bagi keputusan politisi, apabila keyakinan tdk berhubungan dgn hubungan2 hukum yg aktual;
b. Yg banyak menimbulkan kontroversi, mahkamah memutuskan dgn suara mayoritas dlm South West Africa Case, Second Phase bahwa negara2 yg mengajukan klaim yaitu Ethiopia dan Liberia, telah gagal utk menetapkan hak hukum mereka/kepentingan yg berkaitan dgn mereka di dlm pokok sengketa dari klaim-klaimnya sehingga menyebabkan klaim itu harus ditolak.
6 3 6
2014-04-05T13:16:17+07:00
A. Untuk memutuskan perkara - perkara perdebatan
b. Untuk memberi opini - opini nasihat
c. Memeriksa perselisihan/ sengketa antara anggota - anggota PBB yang diserahkan kepada Mahkamah Internasional