Jawabanmu

2014-04-05T11:57:15+07:00
1. Berapa volume batu yang dimasukkan ke dalam air laut jika berat air laut yang dipindahkan batu adalah 2 Newton ? Massa jenis air laut = 1025 kg/m3.
(soalnya di gambar bawah yang ada tulisannya diketahui)

Pembahasan

Jawab :
Hukum Archimedes menyatakan bahwa berat air yang tumpah (air yang dipindahkan oleh besi) sama dengan besar gaya apung yang dikerjakan air pada besi.

Volume air yang dipindahkan = volume batu yang dimasukkan ke dalam air laut = 199,1 cm3.
Jawaban paling cerdas!
2014-04-05T12:06:38+07:00
Ini Soalnya .
1. Berat sebuah benda ketika ditimbang diudara adalah 500 N. Jika beratnya di air hanya 400 N, Maka berapakah massa jenis benda tersebut ?
A. 1000 Kg/m3
B. 2000 Kg/m3
C. 3000 Kg/m3
D. 4000 Kg/m3
E. 5000 Kg/m3
Jawab .
1. Dik : Wu = 500 , Wc = 400 N , Pc = 1000 Kg/m3
Dit : Pb ?
Caranya : Fa = Wu-Wc = 500-400 = 100 N
 \frac{Pb}{Pc} =  \frac{Wu}{Fa}
 \frac{Pb}{1000} =  \frac{500}{100}
500.000 = 100 Pb
5000 Kg/m3 = Pb
Jawabannya adalah E.
4 3 4