Jawabanmu

2014-04-05T10:43:33+07:00
Struktur teks eksplanasi: pernyataan umum, penjelasan proses, penutup(interpretasi) semoga bermanfaat yaaa...
10 3 10
2014-04-05T10:59:57+07:00
Pwernyataan umum :
Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan,tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. 


Deretan Penjelasan :
Tanah longsor tercipta saat air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah. Lalu air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng. Tidak hanya itu penyebab terjadinya tanah longsor, ada 2 faktor yang menjadi penyebab yaitu : yang pertama faktor alam contohnya berupa : batuan lapuk, kemiringan sisipan lapisan batu lempung, strukutur sesar, kekar, gempa bumi, stragrafi, gunung berapi, lereng yang curam, kondisi drainase yang tersumbat, akumulasi massa air, erosi dalam pelarutan, tekanan hidrostatika, tanah kritis, gempa bumi, ledakan, getaran mesin,dan getaran lalu lintas kendaraan. Dan yang ke dua faktor manusia contohnya berupa: pemotongan tebing pada penambangan batu di lereng yang terjal, penimbunan tanah urugan di daerah lereng, kegagalan struktur dinding penahan tanah, penggundulan hutan, budidaya kolam ikan diatas lereng, sistem pertanian yang tidak memperhatikan irigasi yang aman,dan Sistem drainase daerah lereng yang tidak baik.  . Prinsipnya ialah tanah longsor terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar dari gaya penahan. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan. 


Interpretasi :
Menurut kami, tanah longsor selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang paling besar terjadi ketika tanah tersebut mengenai pemukiman warga sehingga dapat menimbulkan kerugian baik korban jiwa maupun materi.
14 4 14