Jawabanmu

2014-04-05T10:38:01+07:00
Keberadaan masyarakat awal di Kepulauan Indonesia didukung oleh beberapa teori dan pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Teori yang membicarakan tentang kehidupan awal manusia Indonesia dikenal dengan nama Teori Imigrasi. Berikut beberapa pendapat ahli tentang hal tersebut :
Prof. Dr. H. Kern bangsa Indonesia berasal dari Asia. Hal ini di dukung oleh perbandingan bahasa yang dipakai di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia yang berasal dari satu akar bahasa yang disebut Bahasa Austronesia.Van Heine Geldern bangsa Indonesia berasal dari Asia. Teorinya didukung oleh penemuan artefak-artefak di Indonesia yang memiliki banyak kesamaan dengan penemuan serupa di daratan Asia.Prof. Dr. Muh. Yamin bangsa Indonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Teorinya didukung oleh penemuan fosil dan artefak tertua dengan jumlah lengkap yang terbanyak di wilayah Indonesia.

Pendapat para ahli tentang asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia, antara lain sebagai berikut : Prof. Dr. H. Hern
Ia berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Campa, Cochin Cina, dan Kamboja. Ia memperkirakan nenek moyang bangsa Indonesia datang ke kepulauan Indonesia dengan menggunakan Perahu Cadik. Pendapatnya ini didukung adanya persamaan nama dan bahasa di daerah asal nenek moyang bangsa Indonesia dengan daerah-daerah di Indonesia.
Dr. Brandes
Ia berpendapat bahwa bangsa yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa pada daerah yang membentang dari sebelah utara Pulau Formosa, sebalah barat wilayah Madagaskar, sebelah selatan Jawa dan Bali, sebelah timur sampai ke tepi Pantai Barat Amerika. Dasar penelitian Dr. Brandes adalah melalui perbandingan bahasa.
Willem Smith
Ia membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang digunakan. Misalnya, bangsa yang menggunakan bahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman, dan bangsa yang menggunakan bahasa Austria. Selanjutnya, pemakai bahasa Austria dibagi lagi menjadi bangsa yang menggunakan bahasa Austro-Asia dan bangsa yang menggunakan bahasa Austronesia. Bangsa yang menggunakan bahasa Austronesia mendiami wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia.
Drs.Moh. Ali
Ia berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan. Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Moens yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat. Akibatnya mereka tersebar ke arah selatan sampai dengan wilayah Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia dan kedatangannya ke Indonesia dilakukan secara bergelombang pada tahun 300 SM – 1500 SM dan tahun 1500 SM – 500 SM.
Majumdar
Bangsa Indonesia yang berbahasa Austronesia berasal dari India. Mereka kemudian menyebar ke Indo China terus ke wilayah Indonesia dan Pasifik. Pendapat ini di dukung oleh penelitiannya berdasrkan bahasa muda di India Timur.
Max Muller
Ia berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia Tenggara. Namun ia tidak menjelaskan alasan pendapatnya itu.
Hogen
Ia berpendapat bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatra. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Melayu Tua (Proto Melayu) menyebar ke wilayah sekitar Indonesia pada sekitar tahun 1300 SM – 1500 SM. Adapun bangsa Melayu Muda (Deutro Melayu) masuk dan menyebar ke wilayah Indonesia pada sekitar 1500 SM – 500 SM.
Prof. Dr. Kroom
Ia menyatakan bahwa asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah. Hal itu disebabkan di daerah tersebut terdapat sumber-sumber sungai besar. Mereka menyebar ke wilayah Indonesia sekitar 2000 SM – 1500 SM.




Kesimpulan teori yang dikemukakan para ahli tentang masyarakat awal kepulauan Indonesia adalah sebagai berikut :Diduga masyarakat awal yang mediami wilayah kepulauan Indonesia berasal dari daratan Asia ( Yunan Selatan ). Dari wilayah Yunan mereka bermigrasi ke selatan, salah satunya adalah ke kepulauan Indonesia.Bangsa yang mendiami kepulauan Indonesia diduga berasal dari bangsa Indonesia sendiri.Pendapat ini didukung oleh penemuan fosil dan artefak tertua di Indonesia. Dengan demikian, masyarakat awal Indonesia diduga berasal dari kepulauan Indonesia yang kemudian menyebar ke wilayah Asia lainnya.