mengapa tumbuhan yang terkena cahaya berlebihan pada batangnya akan membengkok ke arah yang terkena sinar matahari ? apa yang menyebabkannya ? fito hormon apa yang menyebabkannya ?

2
Karena pada batang tumbuhan terdapat hormon auksin, yang berfungsi untuk pemanjangan sel pada batang. Hormong auksin tidak suka dengan cahaya matahari, maka apabila terkena cahaya matahari hormon auksin akan lambat bekerja itulah sebabnya tumbuhan ditempat gelap lebih cepat tumbuh dibanding ditempat terang.
Mengapa tumbuhan membengkok ke arah sinar matahari? Kita misalkan sebuah pena yang disinari oleh lampu senter, maka akan ada bagian belakang yang tidak terkena sinar. Ini berarti bagian batang yang tidak terkena sinar matahari, hormon auksinnya tetap bekerja dgn melakukan pembelahan sel sehingga bagian batang terus memanjang. Sedangkan bagian yang terkena sinar matahari, maka hormon auksin bekerja lambat, sehingga bagian ini akan lebih pendek. Itulah mngp tumbuhan membengkok ke arah matahari

Jawabanmu

2014-01-17T19:46:34+07:00
Karena tumbuhan itu sedang berfotosintesis oleh karena itu dia mengikuti cahaya matahari

1 5 1
2014-01-17T20:04:09+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karena pada batang tumbuhan terdapat hormon auksin, yang berfungsi untuk pemanjangan sel pada batang. Hormong auksin tidak suka dengan cahaya matahari, maka apabila terkena cahaya matahari hormon auksin akan lambat bekerja itulah sebabnya tumbuhan ditempat gelap lebih cepat tumbuh dibanding ditempat terang. Mengapa tumbuhan membengkok ke arah sinar matahari? Kita misalkan sebuah pena yang disinari oleh lampu senter, maka akan ada bagian belakang yang tidak terkena sinar. Ini berarti bagian batang yang tidak terkena sinar matahari, hormon auksinnya tetap bekerja dgn melakukan pembelahan sel sehingga bagian batang terus memanjang. Sedangkan bagian yang terkena sinar matahari, maka hormon auksin bekerja lambat, sehingga bagian ini akan lebih pendek. dan tumbuh membengkok ke arah sinara matahari

kalau kamu tahu jngn cari google fito hormon yang dapat memperlambat proses tumbuh nya tumbuhan adalah???
asam absisat kalo gak salah