Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-04T21:13:53+07:00
1. Terjadi serangan dari kerajaan-kerajaan dari Jawa. Memang pada mulanya terdapat hubungan persahabatan antara Sriwijaya dengan penguasa-penguasa Jawa sejak raja Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya. Namun demikian, acapkali juga terjadi konflik berkepanjangan di antara mereka, sehingga peristiwanya terkabarkan hingga ke negeri Cina. Contohnya: di Cina pada 988 M telah terkabar betapa penguasa Jawa (raja Dharmawangsa) dengan Sriwijaya tengah berperang. 
2. Serangan Kerajaan Chola (Colomandala) dari India. 
Pada sekitar tahun 1005, hubungan antara Sriwijaya dan Chola masih baik. Namun pada tahun 
1007, Raja Chola berani menyerang dan mengklaim setidaknya 12.000 pulau telah ditaklukkan. 
Pada tahun 1023, raja yang baru [Rajendra] menyerang posisi Sriwijaya di region Kadaram dan kemudian Kataha. Kerajaan Chola menyerang lagi pada 1024 [di region Semenanjung Malaka], pada 1025 [di beberapa region Sumatra, seperti Jambi, Langkasuka, Takola, Tumasik dan Pane]. 
Meskipun Sriwijaya memang tidak mudah diruntuhkan [salah satu buktinya, masih terdapat peninggalan makara berangka tahun 1064], namun lambat laun kewibawaan dan dominasi kerajaan Sriwijaya merosot terutama sesudah makin sullit mengontrol lalu-lintas perdagangan di selat Malaka dan negeri-negeri bawahannya. 
3. Bangkitnya Kerajaan Melayu. Kerajaan ini semula di bawah Kerajaan Sriwijaya, namun berangsur-angsur mampu menunjukkan kekuataannya terutama justru ketika Sriwijaya sudah melemah pasca serangan-serangan dari Kerajaan Chola.
2 5 2
2014-04-04T21:15:59+07:00
Kemunduran dan keruntuhan Kerajaan Sriwijaya disebabkan oleh beberapa hal berikut.
Serangan Raja Dharmawangsa pada tahun 990 M, ketika itu yang berkuasa di Sriwijaya ialah Sri Sudamani Warmadewa. Walaupun serangan ini tidak berhasil, tetapi telah melemahkan Sriwijaya.Serangan dari Kerajaan Colamandala yang diperintahkan oleh Raja Rajendracoladewa pada tahun 1023 dan 1030. Serangan ini ditujukan ke semenanjung Malaka dan berhasil menawan raja Sriwijaya. Serangan ketiga dilakukan pada tahun 1068 M dilakukan oleh Wirarajendra, cucu Rajendracoladewa.Pengiriman ekspedisi Pamalayu atas perintah Raja Kertanegara, 1275-1292, yang diterima dengan baik oleh Raja Melayu (Jambi), Mauliwarmadewa, semakin melemahkan kedudukan Sriwijaya.Muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Samudra Pasai yang mengambil alih posisi Sriwijaya.Serangan Kerajaan Majapahit dipimpin Adityawarman atas perintah Mahapatih Gajah Mada pada tahun 1477 yang mengakibatkan Sriwijaya menjadi taklukan Majapahit