Jawabanmu

2014-04-04T19:44:06+07:00
Jadi untuk mencari a kita harus mengetahui b terlebih dahulu
Diketahui :
Suku ke-4 = -5
Suku ke-9 = -15

Maka b = -15 - (-5) = -10/5 = -2
                9 - 4
Jika b = -2
Maka a = -5 (suku ke-4) - (3.-2) = 1

Sn = 1/2 . n . (a + Un)
Sn = 1.2 . 20. (1 + (1 + (20-1) . -2))
Sn = 10 . (-36)
Sn = -360

Semoga dapat membantu ^ ^
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan
Jawaban paling cerdas!
2014-04-04T19:47:20+07:00
Beda = -15 - (-5)
            -----------
              9 - 4
         =   \frac{-10}{5}  = -2

cari U1 =
Un = a+(n-1)b
U4 = a+(4-1)-2
-5 = a + (3) -2
-5 = a + -6
-5 + 6 = a
1 = a

mencari jumlah suku =
Sn =  \frac{n}{2}(2a+(n-1)b)
S20 =  \frac{20}{2} (2.1+(20-1)-2
S20 = 10(2+(19)-2)
S20 = 10(2+ -38)
S20 = 10(-36)
S20 = -360

Jadi jawabannya B. -360
Jadikan yg terbaik ya :)
1 5 1