Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-04T19:28:22+07:00
Kandungan asam dalam hujan menyebabkan hujan memiliki sifat sama seperti larutan asam pada umumnya. Asam yang ada dalam hujan asam merupakan asam kuat.

Secara alami hujan memang bersifat asam dengan pH antara 5,6 sampai 6,2 karena adanya kandungan CO2 di udara. CO2 di udara bereaksi dengan uap air membentuk asam lemah yaitu asam karbonat (H2CO3). Namun keasaman yang disebabkan oleh H2CO3 ini dianggap normal karena jenis asam ini bermanfaat membantu melarutkan mineral tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.  Berbeda dengan kandungan H2SO4 dan HNO3 yang merupakan asam kuat yang dapat merusak jaringan hidup 

Upaya Pencegahan Terbentuknya Hujan Asam
 1. Menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang rendah 2. Desulfurisasi adalah proses penghilangan unsur belerang. Desulfurisasi dapat dilakukan pada waktu tertentu 3. Mengaplikasikan prinsip 3R (Reuse, Recycle, Reduce)
2 5 2
2014-04-04T19:33:41+07:00
Terdapat kadar gas SO2 (belerang oksida) dan NO (Nitrogen oksida di atmosfer sangat tinggi,zat ini akan bereaksi dgn air diatmosfer dan membentuk asam sulfat, asam nitrat dan senyawa asam lainnya. ketika terjadi hujan air yg dihasilkan bersift lbh asam dari keadaan normal. dampaknya merusak gedung2, patung sejarah, merusak tumbuhan dan mengganggu MH lainnya sperti ikan dan insektisida disebabkan oleh pembakaran minyak bumi, asap pabrik, kendaraan bermotor (penghasil polusi).
1 5 1