1. Sebuah menara pemancar radio setinggi 28 meter dipancang dengan kawat dari tiga penjuru yang mengitarinya. Diketahui ukuran AB = 4 m, BC = 9 m, CD = 3 m, OE = 7 m, OF = 5 m, dan OG = 8 m. Tentukan jumlah panjang kawat yang digunakan untuk memancang menara tersebut!

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-04T14:35:17+07:00
OB = 28m - 4m = 24m
OC = 28m - 4m - 9m = 15m
OD = 28m - 4m - 9m - 3m = 12cm

Setelah itu, pake triple phytagoras!
Tali EB = ( Pakai triple phytagoras 7,24,25 )
Jadi, karena OE= 7m dan OB= 24m
Maka, EB = 25m

Tali GC = ( Pakai triple phytagoras 8,15,17 )
Jadi, karena OG= 8m dan OC= 15m
Maka, GC = 17m

Tali FD = ( Pakai triple phytagoras 5,12,13)
Jadi, karena OF=5m, OD= 12m
Maka, DF = 13m


Jadi panjang kawatnya = 25 + 17 + 13m = 55m

Semoga bermanfaat!  
1 5 1
2014-04-04T14:47:47+07:00
DO = 28 -AB-BC- CD = 28-4-9-3=12m
DF = AKAR DO^2 + AKAR OF^2 = AKAR 12^2 +AKAR 5^2 = AKAR144+25= AKAR169=13m
CG = AKAR CO^2 + AKAR OG^2 =AKAR 15^2 + AKAR 8^2 = AKAR 225 + 64=AKAR 389
17m 
BE = AKAR BO^2 +AKAR OE^2 = AKAR 24^2 + AKAR 7^2 = AKAR 567 + 49= AKAR 625= 25 m
PANJANG TOTAL KAWAT = BE + CG + DF= 25+ 17+13=55m