jangan pendek-pendek -_-
Penjual : Rp. 15.000/kg
Pembeli : Tidak bisa kurang?
Penjual : Sudah harga pas,Bu
Pembeli : Saya ambil 5 kilo tapi Rp.65.000 ya?
Penjual : Tidak bisa. Harga pas Rp.70.000
Pembeli : Ayolah,Bu. Buat penglaris. Rp.65.000
Penjual : Tambah rP.3.000 lah,Bu.
Pembeli : Duh,Bu. Apa berartinya? Udah Rp.65.000 atau saya pergi cari penjual lain?
Penjual : Ya sudahlah. Buat penglaris. Bolehlah.

Maaf,tadi ke enter duluan :|
iya no problem, thanks for ur answer^^
oke :) terima undanganku ya
sip^^

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T22:48:03+07:00
Contoh Teks Dialog Negosiasi

Negosiasi Jual Beli Mobil :
Pembeli           : Selamat siang pak,
Penjual                        : Selamat siang, Silahkan Duduk. Dengan Sdr. Midun Bukan ..?
Pembeli           : Benar pak, Saya Yang menghubungi bapak pagi tadi .Penjual                        : Baiklah, Langsung ke inti nya saja, apa benar sdr midun tertarik dengan mobil yang di iklankan di Koran Riau pos itu?
Pembeli           : Betul pak, dari foto yang ditampilkan di Koran tersebut, saya tertarik ingin memlihat fisik asli mobil tersebut secara dekat, karena berdasarkan foto yang saya lihat, kelihatannya mobil bapak masih dalam keadaan bersih dan baru.
Penjual                        : Ohh itu betul sekali , mobil itu baru saya beli sekitar 2 tahun yang lalu, dan kondisinya sangat bagus sekali, saya menjualnya karena ingin mengganti mobil yang baru.
Pembeli           : Memangnya mengapa bapak ingin mengganti mobil tersebut?
apakah mobil itu sudah mengalami kerusakan?
Penjual                        : oh tidak…tidak sama sekali, saya menganti mobil itu karena mobil itu terlalu kecil untuk saya sekeluarga , jadi saya ingin mengganti mobil yang lebih besar dari mobil tersebut.
Pembeli           : OHH begitu,..!! oh ya pak, bisa saya lihat mobil itu sekarang?Penjual                        : tentu , tentu.. lewat sini sdr. midun.( berjalan menuju garasi mobil )
Pembeli           : baik pak..!
Pejual              : Nah, ini lah mobil nya, masih bagus bukan?
Pembeli           : iya pak, persis seperti foto yang terpajang itu ya.dan warnanya masih mengkilat seperti baru.
Penjual                        : Tentu saja, karena mobil ini selalu terawatt oleh saya, satu butir debu pun tidak akan saya biarkan menyentuh mobil ini ( tersenyum simpul )
Pembeli           : Wah bagus tu pak, kalau boleh tahu, mobil ini rakitan tahun berapa pak?
Penjual                        : mobil ini tahun 2006. Dan sampai saat ini kondisi mesin nya masih seperti baru, itu karena saya rutin servis setiap bulannya.
Pembeli           : Sangat menarik sekali ya pak, boleh cek perlengkapannya pak?Penjual                        : oh ya , silahkan.Pembeli           : Terimakasih pak. ( Langsung mengecek mobil tersebut )
Penjual                        : ( setelah sdr, Midun selesai mengecek mobil tersebut ). Bagaimana ??
masih mulus bukan? ( sambil tersenyum )
Pembeli           : iya pak, bicara mengenai barang kan suadah jelas ni pak, bagaimana kalau harga yang bapak tawarkan??
Penjual                        : Nah, untuk masalah harga, setelah saya cari informasi dari berbagai sumber mengenai harga mobil produksi tahun 2006, saya mematok harga Rp 225.000.000,00 Nego.
Pembeli           : Waaah, cukup tinggi ya pak harga nya,,
Penjual                        : iya itu sesuai dengan keadaan mobilnya. Dan itu kan harga dari bapak, sekarang berapa tawaran dari sdr, Midun.
Pembeli           : Sebenarnya saya hanya punya anggaran sekitar 200jt pak, itupun tidak cash hari ini.
Penjual                        : masalah cash itu tidak usah terlalu dipikirkan sdr. Midun. Jika kesepakatan harga sesuai, bapak bisa memberi waktu untuk pelunasannya. Sekarang berapa penawaran sdr. Midun.
Pembeli           : Kalau saya menawar, giman kalau 18ojt pak?Penjual                        : Waahh, itu terlalu jauh sdr. Midun. Sdr kan sudah tahu kondisi mobil ini. Jadi bapak rasa harga yang bapak tawarkan sesuai dengan keadaan mobilnya, dan tawaran sdr. Midun jauh dibawah harga standarnya.
Pembeli           : jika dilihat dari keadaan mobil, betul si pak, keadaan nya masih bagus, tapi anggaran saya Cuma segitu tadi pak, giman kalau saya naikkan 1 juta pak?
Penjual                        : Kalau segitu , belum bisa bapak melepas mobil ini. Gimana kalau bapak beri pilihan, kalau sdr. Midun benar-benar menginginkan mobil ini, bapak bisa mengasih waktu 1 bulan tuk sdr. melunasi sisa dari harga anggaran sdr. yaitu 25 juta lagi. Bagaimana sdr. Midun?
Pembeli           : Alternatif yang bagus pak. Sebenarnya saya memang tertarik dengan mobil bapak ini. Tapi masalah harga yang belum sesuai. Gimana kalau pas dengan harga 200jt pak?
Penjual                        :  Baiklah sdr. midun , gimana kalau kita ambil tengahnya, yaitu 215jt, itu sudah bapak kurangkan 10jt. Jika masih dibawah dari harga ini, bapak tidak bisa melepas mobil ini. Jadi gimana sdr Midun?
Pembeli           : Sepertinya harga yang menarik pak, Baiklah pak, tetapi pembayarannya sesuai dengan alternative bapak tadi, bearti yang 15jt nya akan saya bayar dalam jangka waktu 1 bulan.
Penjual                        : Baiklah Sdr. Midun. Jadi pembayarannya tunai atau bagaimana?
Pembeli           : Baiklah pak, pembayarannya separuh tunai disini, dan separuhnya lagi jika mobil telah saya terima ditempat saya, giman pak?
Penjual                        : Baiklah sdr. Midun, Silahkan Ttd disini ( sambil mengajukan surat jual beli ). Terimakasih sdr. Midun, senang bekerja sama dengan anda, dan semoga transakasi ini dilakukan dengan ikhlas, dan semoga beruntung dengan mobil ini.
Pembeli           : Terimakasih kembali pak, saya juga merasa senang bekerja sama dengan bapak. Baiklah pak, lebih baik saya pulang sekarang, dan saya tunggu kedatangan mobil ini, dan ini alamat rumah saya ( sambil menunjukan alamat rumah ).
Penjual                        : Baiklah sdr. Midun, semoga selamat dijalan. Dan tunggu saja 2 jam dari sekarang.
Pembeli           : sekali lagi terimaksih pak, dan selamat
siang.
Penjual                        : sama – sama sdr. Midun. Selamat siang.

#copas, semoga membantu
1 5 1
2014-04-03T22:58:46+07:00
Pembeli : "saya mau beli baju bergambar werkudara ini,berapa harganya,bu?"
penjual : "oh ini satunya Rp 30.000,00 untuk adik saya potong jadi Rp 29.000 aja..."
pembeli : "mahal sekali,bu... potonganya cuma Rp 1.000...begini saja,bu. Rp 20.000
               langsung saya ambil..."
Penjual : "wah...kalau segitu saya tidak bisa...saya beli dari penjualnya tidak segitu...
               nanti saya tidak ada untungnya,dong...coba kalau adik menjual sesuatu
               terus adik tidak mengambil untung apa-apa dari jualan adik itu. perasaan                    adik bagaimana?"
pembeli : "ya sudah saya naikan jadi Rp 23.000...keputusan saya sudah bulat jadi
               tolong ya,bu...ini buat hadiah untuk adik saya..."
Penjual : "aduh adik ini... saya turunkan menjadi Rp 28.000 itu sudah harga pas,dik."
pembeli : "Ibu yang baik hati...uang saya ini hasil tabungan saya selama seminggu...
               saya hanya dapat Rp 40.000...uang itu untuk beli hadiah untuk                                  adikku,belum naik becak untuk ke pasar ini dan nanti pulangnya juga                      ngeluarin ongkos. Kalau ibu ngasihnya mahal-mahal nanti aku tidak bisa
              pulang kerumah....Begini saja Rp 25.000 bagaimana?
Penjual : " adik ini pintar menawar,ya...ya udah ini Rp 25.000,ya..."
Pembeli : "makasih ibu yang baik hati.."