Jawabanmu

2014-01-17T15:37:37+07:00
Jika di atas permukaan air diletakkan benda, maka benda ini akan memberi tekanan tertentu pada permukaan air. Molekul-molekul air di bawah permukaan akan memberikan gaya ke atas untuk menopang benda tersebut.
Besarnya gaya ke atas ini merupakan perkalian koefisien tegangan permukaan zat cair dengan luas permukaan benda di atasnya. Gaya ke atas dari molekul-molekul air ini menyebabkan nyamuk tidak tenggelam dan mampu berdiri di atas permukaan air. Nyamuk yang sangat ringan tidak mampu memecah tegangan permukaan air.
9 4 9
jadi intinya nyamuk dapat berdidri diatas air karena gaya ke atas yang diberikan air terhadapap nyamuk lebih besar dari pada tekanan yang diberikan nyamuk?
bener gak ni?
bener banget.tekanan air itu lbih bsar drpd tekanan nyamuk
OK thanks bro
yaa samaa"
2014-01-17T15:37:45+07:00
Molekul-molekul air yang di bawah atau tengah saling tarik-menarik dengan molekul yang berada di samping, di atas, dan di bawahnya, sehingga saling meniadakan. Di lain pihak, molekul yang di atas hanya di tarik oleh molekul di bawahnya. Selanjutnya, molekul yang di atas di tarik juga oleh gravitasi dan di tekan oleh udara dari atas (tekanan udara 76 cmHg). Ini menyebabkan molekul-molekul air yang di atas semakin rapat dan ikatannya semakin kuat sehingga membentuk selaput tipis. Dengan demikian, serangga kecil seperti nyamuk dapat terapung di atasnya. Jika kalian telaten, silet juga dapat diapungkan di atas permukaan air.
5 4 5