Jawabanmu

2014-04-03T20:37:04+07:00
Narkoba,merupakan nama yang akrab di semua kalangan. Narkoba merupakan zat yang dapat mengakibatkan rasa kecanduan sehingga penggunanya akan terus berusaha mendapatkannya. Kini,narkoba sudah meracuni banyak warga indonesia.Dan kebanyakan merupakan kalangan muda. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh kurangnya perhatian dari orangtua, juga pergaulan yang kurang sehat.Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "NAPZA", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya,sehingga menyebabkan dampak yang buruk bagi pemakainya. Baik dari penyakit seperti HIV/AIDS, hingga kematian.
Orang yang kecanduan narkoba cenderung ingin terus mendapatkannya,sehingga bisa saja si pecandu melakukan aksi kejahatan demi mendapatkan barang itu lagi. Dan lagi,ketika pecandu sedang dalam keadaan teler sehabis memakai narkoba,dan dalam keadaan tidak sadar. Dia bisa melakukan aksi kejahatan,seperti pemerkosaan, dsb.
Menurut data BNN , Kasus penyalahgunaan narkoba bertambah setiap tahunnya. Di Indonesia, angka pengguna narkoba rata-rata meningkat sebanyak 15% per tahunnya. Narkoba yang biasa digunakan oleh kalangan muda biasanya dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama, kegagalan yang dialami dalam kehidupan. Kedua, pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat. Ketiga, kurangnya siraman agama. Keempat, keinginan untuk sekadar mencoba. Kelima, kurangnya perhatian dari orangtua.
43 4 43