Jawabanmu

2014-04-03T19:46:13+07:00
Sintaksis adalah ilmu mengenai prinsip dan peraturan untuk membuat kalimat dalam bahasa alami.



#smoga bermanfaat
Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T20:18:20+07:00
tata bahasa yang membahas hubungan antarkata dalam tuturan
Lalu subbab dari sintaksis kan ada kalusa, frase, dan kalimat. Nah, pada klausa ini ada dua macam klausa yaitu klausa atas dan klausa bawah, itu mohon penjelasannya
Klausa atasan ialah klausa yang tidak menduduki f ungsi sintaksis dari klausa yang lain. Contoh :
Ketika paman datang, kami sedang belajar.
Meskipun sedikit, kami tahu tentang hal itu.

Klausa bawahan ialah klausa yang menduduki fungsi sintaksis atau menjadi unsur dari klausa yang lain. Contoh :
Dia mengira bahwa hari ini akan hujan.
Jika tidak ada rotan, akarpun jadi.
Lalu maksud dari fungsi sintaksis itu bagaimana?
Fungsi sintaksis terdiri dari beberapa komponen. Diantaranya adalah subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan
Klausa Atasan:
Ketika paman datang, (kami sedang belajar.)
Meskipun sedikit,( kami tahu tentang hal itu.)
Klausa bawahan:
(Dia mengira bahwa) hari ini akan hujan.
(Jika tidak ada rotan), akarpun jadi.