Jawabanmu

2014-04-03T19:28:22+07:00
. Untuk menentukan arah momen gaya digunakan kaidah sekrup (putar kanan). 
Misal f nya arah kebawah, nentuin arah plus atau minus nya gimana?
Momen dapat diberi tanda positif atau negatif bergantung dari perjanjian

yang umum, tetapi dapat juga tidak memakai perjanjian umum, yang penting bila arah momen gaya itu berbeda tandanya harus berbeda.
Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T20:12:25+07:00
Pertama kita harus tahu porosnya. misalnya ada gaya ke atas pada batang (ujung kiri A sedangkan ujung kanan B)

*poros A =  gaya harus berputar ke kiri ( berlawanan jarum jam ) utk mengitari pusat A. maka nilai gaya = minus (-)

*Poros B = gaya harus berputar ke kanan ( searah jarum jam) utk mengitari pusat B. maka nilai gaya = plus (+)
1 5 1