Jawabanmu

2014-04-03T18:33:34+07:00
Cacing tanah memiliki alat ekskresi khusus yang terdapat pada setiap segmen tubuhnya. Alat ekskresi ini dinamakan nefridium (jamak: nefridia). Pada setiap segmen tubuh cacing tanah terdapat sepasang nefridium. Hanya tiga segmen pertama dan segmen terakhir saja yang tidak terdapat alat ekskresi ini. Nefridium dilengkapi corong bersilia dan terbuka yang terletak pada sekat pemisah antarsegmen tubuh. Alat ini disebut nefrostom. Nefrostom berfungsi sebagai penarik cairan tubuh dari satu segmen ke segmen lainnya. Sementara, sisa metabolisme akan dikeluarkan melalui sebuah lubang yang disebut nefridiopori.
jwabannya benar, tetapi yg sy tanyain alat ekskresi/ pengeluaran pada cacing tanah..!!
tuhh udah ku edit
Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T18:46:55+07:00
Sistem Ekskresi cacing tanah berupa nephridia (nephridios= ginjal).
Terima kasih.....
sama-sama, jadikan yang terbaik ya :)
makasih ya!