Sebuah mobil yang bergerak dengan laju 45 km/jam mengalami perlambatan 0,5 m/s2hanya dengan melepaskan injakan pada pedal gas.
1.Hitunglah jarak yang ditempuh mobil sejak pedal gas dilepas hingga berhenti.
2.Hitunglah waktu yang diperlukan sejak pedal gas dilepas hingga berhenti,
3.Hitunglah jarak yang ditempuh mobil dalam 1s dan 4 s pertama sejak pedal gas dilepas.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T15:08:58+07:00
Pembahasan 1

s= Vo . t + ½ at2
s= 12,5m/s . t + ½ (-0,5m/s2).t[pers.1]
karena t masih belum diketahui, kita cari terlebih dahulu t
Vt = Vo + a.t
0 = 12,5 m/s + (- 0,5 m/s2).t
0 = 12,5 m/s - 0,5 m/s2.t
0,5 m/s2.t = 12,5 m/s
t = 25 s

Lalu kita substitusikan t ke pers.1
s= 12,5m/s . 25s + ½ (-0,5m/s2).(25s)2
s= 312,5m-156,25m
s= 156,25m

atau kita bisa cari dengan rumus lain
Vt^2 = Vo2 +2 as
0^2 = (12,5)^2 + 2 (-0,5).s
0 =156,25 – s
s = 156,25 m
Jadi, jarak yang ditempuh mobil sejak pedal gas dilepas hingga berhenti = 156,25 m

Pembahasan 2

Vt = Vo + a.t
0 = 12,5 m/s + (- 0,5 m/s2).t
0 = 12,5 m/s - 0,5 m/s2.t
0,5 m/s2.t = 12,5 m/s
t = 25 s
Jadi, waktu yang diperlukan sejak pedal gas dilepas hingga berhenti = 25 s

Pembahasan 3

s= Vo . t + ½ at^2
s= 12,5m/s . 1s + ½ (-0,5m/s2).(1s)^2
s= 12,5m -0,25m
s= 12,25m
Jadi, 1 detik pertama setelah pedal gas dilepas jarak yang ditempuh mobil = 12,25m

s= Vo . t + ½ at^2
s= 12,5m/s . 4s + ½ (-0,5m/s2).(4s)^2
s= 50m -4m
s= 46m
2 5 2
2014-04-03T15:23:42+07:00
1.   44,5 km
2. 56 menit
3. 1s pertama 22 km 4s pertama 20,5 km  

*maaf kalo salah .. semoga bisa membantu*
1 5 1