Please jawab. dikumpulin besokk.. aku anak ips kagak mudeng FISIKA
1. Sebuah benda bermassa 10kg dan massa jenis 5 gram/cm3 , dicelupkan seluruhnya ke dalam air yang massa jenisnya 1 gram/cm3. Jika percepatan gravitasinya 10m S-2, maka gaya ke atas yang dialami benda adalah....
2 Silinder kiri luas penampangnya 400 cm2 diberi beban 300 N. Pengisap kanan, luas penampangnya 25cm2. Jika sistem diisi oli dengan = 0.80 gram/cm3, maka agar sistem seimbang besar F adalah..
3. Berat benda di udara adalah 6 N. jika di timbang di dalam air, beratnya menjadi 4.5 N dan jika ditimbang dalam suatu cairan, beratnya menjadi 2.25 N. maka massa jenis cairan adalah...

2

Jawabanmu

2014-04-03T13:23:15+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.Sebuah benda bermassa 10kg dan massa jenis 5 gram/cm3 , dicelupkan seluruhnya ke dalam air yang massa jenisnya 1 gram/cm3. Jika percepatan gravitasinya 10m S-2, maka gaya ke atas yang dialami benda adalah....

Jawab :
P air = 1 gram/cm3 = 1000kg/m3 
P benda = 5 gram/cm3 = 5000kg/m3 
karena benda tercelup seluruhnya maka volume air yang di pindahkan
=VOLUME BENDA 

Va= mB/pB=10/5000=2.10^-3 m3 
Besar gaya ke atas = 

F A = P a . V a . g 
= 1000x2x10^-3x10
= 20 N 

Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T13:44:26+07:00
Diket:
massa benda = 10 kg
massa jenis benda = 5 g/cm³ = 5000 kg/m³
massa jenis air = 1 g/cm³ = 1000 kg/m³
gravitasi = 10m S-2

Rumus gaya ke atas
F = ρ . g . V

ρ = massa jenis zat cair
g = gravitasi 
F = gaya ke atas ( N )
V = Volume benda tercelup dalam satuan m³

Kita masih belum mengetahui volume benda. Maka kita masukkan ke dalam rumus massa jenis,

ρ = m / v

5000 = 10 / v
5000v = 10
v = 10 / 5000 = 0,002 m³

F = 1000 . 10 . 0,002 = 20 N

Maaf hanya itu yang bisa saya bantu :) Maklum saya masih SMP, tapi soal nomor 1 diajarkan kepada saya.
2 5 2