Jawabanmu

2014-04-03T10:24:27+07:00
Globalisasi Bidang Politik
  A. Dampak Positif

 1.     Pemerintahan dijalankan secara transparan (terbuka), demokratis & penuh kebebasan
2.    
Sistem pemerintahan terus berkembang menuju ke arah yang lebih baik, dengan cara belajar dari kegagalan-kegagalan sistem pemerintahan yang pernah dialami oleh negara lain maupun negara sendiri.

3.     Negara-negara berkembang bisa belajar tentang sistem pemerintahan dari negara maju.

B.   Dampak Negatif

1.     Banyak kemungkinan untuk perubahan arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang. 2.     Anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa.
3.    
Pemerintah tidak dapat lagi menghegemoni pemikiran & bentuk-bentuk perekonomian pada wilayahnya. Akhirnya instrumen-instrumen yang telah dibangun pemerintah menjadi tidak efektif.

4.     Ada beberapa masalah yang dulu dianggap lokal menjadi masalah global. Isu masalah ini sangat sensitif & krusial, sehingga sering kali mengundang intervensi dari suatu negara ke negara lain.

DAMPAK GLOBALISASI DLM BIDANG HAMKAM

1. Bangsa Indonesia tumpul dalam persaingan senjata karena begitu ada yang berani "belajar" merakit senjata, lansung dicap salah. Muaranya, alat pertahanan dan keamanan sangat bergantung pada luar negara (khususnya, negara adi daya);
2. Garis belakang tidak mampu menangkis serangan lawan. Garis belakang Hankam ada di tangan guru. Senjata guru adalah alat tulis, namun mesiunya adalah ilmu yang diajarkan. Semua mesiu berasal dari luar. Padahal, sana sudah memiliki penangkalnya, makanya, out put pendidikan selalu kedodoran dalam menghadapi percaturan global. Serangan global bukan hanya dalam hal pertahanan-keamanan "fisik" Indonesia belaka, namun juga pada ekonomi, politik, dsb.Taruhlah "fisik" kuat dan perkasa, namun jika LATAH, apa gunanya? Alhasil, para pemimpin hanya menjadai pion asing. Makanya, tanpa pernah berani membantu guru menguatkan garis belakang, JANGAN pernah bermimpi akan terwujudnya ke-ADIL-an di negara ini. Percuma menang di depan jika KO di belakang ...

^Smoga B'manfaat :)

1 2 1