Jawabanmu

2014-04-02T23:45:27+07:00
1.    Aliran Mantap dan Tak Mantap
a.    Aliran mantap (steady flow) Aliran mantap terjadi jika, disembarang titik partikel-partikel fluida yang berurutan sama pada jangka waktu yang berurutan. Jadi kecepatannya tetap terhadap waktu atau dV/dt = 0. Denga kata lain aliran mantap terjadi jika variabel aliran disebarang titik pada zat cair tidak berubah dengan waktu. Yang termasuk variabel aliran misalnya : kecepatan aliran V, tekanan p, rapat massa ρ, tampang aliran A, debit Q, dsb.
b.    Aliran tak mantap (unsteady flow) Aliran tidaklah mantap jika keadaan-keadaan disembarang titik dalam  fluida berubah bersama waktu, atau dV/dt ≠ 0. Dengan kata lain aliran tak mantap terjadi jika variabel aliran di sebarang titik pada zat cair berubah dengan waktu.  
2.    Aliran Merata dan Tak Merata
a.     Aliran Merata Aliran merata terjadi bila besar dan arah kecepatannya tidak berubah dari titik ke titik dalam fluida, atau dV/ds = 0. Variable-variabel lainnya tidak berubah bersama jarak, atau dρ/ds = 0, dp/ds = 0 dan seterusnya.
b.    Aliran Tak Merata Aliran tak merata terjadi bila kecepatan, kedalaman, tekanan dan seterusnya berubah dari titik ke titik dalam aliran fluida tersebut, atau dV/ds ≠ 0, dan seterusnya.


ini ada di matakuliah saya mekanika fluida semoga membantu :D
1 4 1