Diketahui sistem persamaan linear \left \{ {{5x - 2y = 21} \atop {-x + 2y = -9}} \right. .jika x dan y adalah penyelesaian sistem persamaan linear tersebut ,,nilai 3x + 2 y adalah

A.-3
B.-2
C.0
D.2
E.3

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-03T02:14:00+07:00
E. 3
penjelasan
5x - 2y = 21 (pers. 1)
-x + 2y = -9 (pers. 2) ---------> x =9 + 2y(pers.3)

subsitusikan Pers. 3 ke Pers. 1

5x - 2y =21
5 (9+2y) - 2y =21
45 + 10y -2y = 21
8y = 21-45
8y = -24
y = -3

subsitusikan y ke pers. 3
x = 9 + 2y
x = 9 + 2(-3)
x = 9-6
x = 3

jadi 3x + 2y = 3(3) + 2(-3) = 9-6 = 3

2014-04-03T09:13:40+07:00
(5x-2y=21)
(-x+2y=-9)
--------------------  +
4x=12
x=3
-x+2y=-9
-3+2y=-9
2y=-9+3=-6
y=-6/2=-3

3x+2y=3(3)+2(-3)=9-6=3
jawabannya E