Jawabanmu

2014-04-02T21:31:05+07:00
A. panjang garis singgung persekutuan dalam
    PQ² = MN² - (r₁ + r₂)²
    PQ² = 40² - (16 + 8)²
    PQ² = 40² - 24²
    PQ² = 1.600 - 576
    PQ² = 1.024
    PQ² = √1.024
    PQ² = 32
Jadi panjang garis singgung persekutuan dalamnya adalah 32 cm

b. panjang garis singgung persekutuan luar
    PQ² = MN² - (r₁ - r₂)²
    PQ² = 40² - (16 - 8)²
    PQ² = 40² - 8²
    PQ² = 1.600 - 64
    PQ² = 1.536
    PQ  = √1.536
    PQ  = 39,19
jadi, panjang garis singgung persekutuan luarnya adalah 39,19 cm

sekian dan terima kasih....=) 
jadikan jawaban yang terbaik ya.....

oh, udah ada yang terbaik ya.... maaf maaf...
Jawaban paling cerdas!
2014-04-02T21:33:09+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui :
R = 8 cm
r = 16 cm
p = 40 cm
Ditanyakan :
d = ?
l = ?
Penyelesaian :
Untuk panjang garis singgung persekutuan dalam :
d =  \sqrt{p^{2} - (R+r)^{2}}

d =  \sqrt{40^{2} - (8+16)^{2}}

d =  \sqrt{1600 - (24)^{2}}

d =  \sqrt{1600 - 576}

d =  \sqrt{1024}

d =  32\, cm


Untuk panjang garis singgung persekutuan dalam :
l = \sqrt{p^{2} - (R-r)^{2}}

l = \sqrt{40^{2} - (8-16)^{2}}

l = \sqrt{1600 - (-8)^{2}}

l = \sqrt{1600 - 64}

l = \sqrt{1536}

l = \sqrt{256 \times 6}

l = 16\sqrt{6}\,\,\, cm
Jadikan yg terbaik ya, dengan memberi label terbaik :)