Asti membeli 3 peniti dan 4 benang dengan harga rp 2.050,00. sedangkan ratna membeli 1 peniti dan 3 benang dengan harga rp 1.350,00. harga 10 benang dan 5 peniti adalah

Tolong Bantu Ya Saya bingung dengan soal yang kayak gini

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-02T14:57:39+07:00
3x + 4y = 2.050  (dikali 1) => 3x + 4y = 2.050
  x + 3y = 1.050  (dikali 3) => 3x + 9y = 3.150  _
                                                 -5y  = -1.100
                                                    y = 220

      x + 3y = 1.050
x + 3 . 220 = 1.050
     x + 660 = 1.050
              x = 984

10y + 5x = 10 . 220 + 5 . 984
              = 2200 + 4920
              = 7.120

keterangan = 
x = peniti
y = benang

semoga membantu. :)

terimakasih , ini sangat membantu
iya sama-sama. :)
x + 3y = 1.050
x + 3 . 220 = 1.050
x + 660 = 1.050
x = 390

10y + 5x = 10 . 220 + 5 . 390
= 2200 + 1950
= 4.150
maaf yang diatas kurang tepat.. -_-
gak pp
2014-04-02T15:03:23+07:00
Itu pake cara eliminasi.
misal : peniti = x
           benang= y
jadi: 3x+4y = 2050
        x+3y=1350
biar bisa dieliminasi,persamaan 1 dikali 1 dan persamaan 2 dikali 3.
jadi hasilnya 3x+4y=2050 dikurang 3x+9y=4050
dari situ diketahui y=400
lalu substitusikan y ke persamaan 1,sehingga 3x+4y=2050
                                                                    3x+4.400=2050
                                                                    3x=450
                                                                     x=150

jadi 10x+5y =
      10(400)+5(150)=4750
jadi jawabannya 4750.


yang lebih mudah di pakai yang mana ya
mkasih syafira, kayanya ini lebih mudah di pakai
yang diatas juga sama aja ko caranya.oke sama sama hehe
maaf.. yang ditanyakan itu 10 benang dan 5 peniti.. bukan 10 peniti dan 5 benang..
oh iya cuma kebalik hurufnya aja itu, 10 y +5 x =
10(400)+5(150)=4750