Jawabanmu

2014-04-02T14:17:45+07:00
Tubuh manusia tidak dapat mengtoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 29oC tanpa mengenakan pakaian yang cukup tebal akan beku dan berakhir pada kematian karena tubuhnya kehilangan panas. Temperatur tubuh normal adalah 37oC, dan ketika temperatur udara lebih rendah dari temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang (berkisar antara 15-20oC), tubuh kita tidak terlalu bermasalah, bahkan sesungguhnya temperatur udara sedang sangat dibutuhkan karena tubuh kita memproduksi panas berlebih dari yang kita butuhkan dan harus dilepas sebagian.  Suatu kondisi di mana temperatur udara sangat rendah sehingga tubuh melepas terlalu banyak panas sehingga temperatur tubuh turun disebut dengan hypothermia. Penurunan panas tubuh badan antara 1oC hingga 2oC mengakibatkan tubuh gemetar, yang merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian. Kebalikan dari kondisi di atas disebut dengan hiperthermia. Hal ini dapat disebabkan oleh tingginya udara di luar maupun faktor dari dalam tubuh kita sendiri yaitu ketika seseorang menderita demam.
1 5 1
2014-04-02T14:18:23+07:00
Penyebab tubuh menggigil kedinginan di daerah dingin :

Menurut penelitian dari Georgetown University, Amerika (1998), suhu tubuh perempuan 0,4 derajat lebih besar dari laki-laki. Namun, bagian kaki dan tangan perempuan 2, 8 derajat lebih dingin. Nggak heran kalau perempuan lebih mudah merasa dingin dibanding laki-laki. 

Kelenjar Tiroid Tidak Aktif
Kelenjar yang satu ini bertugas untuk mengontrol daya tahan tubuh kita. Saat kelenjar tiroid tidak bisa bekerja secara maksimal, kita akan lebih mudah merasa kedinginan. Selain itu, sejumlah penyakit juga bisa memasuki tubuh kita. Jika rasa dingin masih muncul ketika kadar kelenjar tiroid normal, coba cari sumber permasalahan lainnya.

Kurang Zat Besi
Kekurangan zat besi bisa membuat tubuh cepat lelah dan daya tahan tidak maksimal. Zat besi dibutuhkan untuk memberikan oksigen ke sel-sel darah. Saat asupan zat besi berkurang, suhu tubuh yang rendah akan sulit ditingkatkan. Ini dia yang membuat kita merasa kedinginan.

Istirahat Tidak Cukup
Dua hari terpaksa bergadang karena punya segudang tugas. Tubuh jadi pegal-pegal dan merasa tidak fresh ketika pergi ke sekolah. Rasa-rasanya sedikit menggigil karena dingin. Hal tersebut disebabkan sistem saraf yang bertugas untuk mengatur suhu tubuh menjadi kacau karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari. Mulailah mengatur waktu tidur kita. Pastikan jam tidur kita cukup.

Kurang Lemak
Bila tubuh terlalu kurus, kita akan lebih mudah terserang rasa dingin. Hal ini disebabkan kekurangan kadar lemak yang ada di bawah lapisan kulit. Kita menjadi lebih sensitif dengan suhu udara rendah. Oleh sebab itu, pastikan berat tubuh kita ideal.