Jawabanmu

2016-07-11T15:43:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

√ó
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Contoh kompetisi dalam ekosistem:
1. Pada padang rumput terdapat berbagai jenis hewan yang ingin mendapatkan makanan disana seperti zebra, kerbau dan rusa.
2. Pada ekosistem air atau laut ada berbagai hewan yang mencari ikan sebagai makanan seperti ikan lainnya atau burung elang.
3. Pada sebidang tanah yang ditanami berbagai jenis tumbuhan mereka mengalami kompetisi untuk mendapatkan air.
4. Pada wilayah yang kecil dengan populasi singa yang lebih banyak dibandingkan rusa atau zebra maka akan terjadi kompetisi untuk mendapatkan makanan.

Intinya adalah kompetisi terjadi untuk mendapatkan makanan, bisa terjadi antara satu spesies atau diantara dua spesies. Kompetisi dapat terjadi dikarenakan sumber makanan yang sedikit, perebutan habitat atau pasangan.

Contoh antibiosis:
1. Jamur penicillium notatum dengan penicillium chrysogenum menghasilkan zat antibiotik mematikan untuk membunuh bakteri disekitarnya.
2. Tumbuhan alang-alang yang akan menghambat pertumbuhan tumbuhan budidaya.
3. Jamur aspergillus yang akan mengambat pertumbuhan bakteri disekitarnya.

Intinya antibiosis ini adalah hubungan diantara dua jenis organisme yang akan memberi efek mematikan atau menghambat pertumbuhan salah satunya.
2 5 2