1.Diketahui deret geometri dengan a=4 dan U5=324.tentukan rasio? rumus suku ke-n? dan jumlah 5 suku pertama barisan berikut?
2.Suku ketiga suatu barisan geometri adalah 32 dan suku keenamnya 2.048.tentukan rasio? suku pertama? dan rumus umum suku ke-n?
3.rasio suatu deret geometri adalah 5 dan jumlah 4 suku pertama adalah 19.500.tentukan suku pertama? dan suku ke-4?
4.untuk membuat sebuah mesin perkakas,diperlukan 7 roda gigi yang satu sama lainnya merupakan penggerak dan yang digerakkan.diameternya membentuk barisan geometri D1,D2,D3.....D7.jika putaran roda gigi n1=30 putaran permenit dan n4=101,25 putaran permenit,tentukan putaran roda gigi ke-5(n5)?
TOLONG DONG JAWAB!!!;(

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-31T23:34:17+07:00
1. U5=ar^4
    324=4r^4
    324/4=r^4
    81=r^4
    r= \sqrt[4]{81}
    r=3
    S5= \frac{a( r^{n}-1) }{r-1}
    S5= \frac{4( 3^{5}-1) }{3-1}
    S5= \frac{4(243-1)}{2}
    S5= \frac{4.242}{2}
    S5=2.242=484
2. U3=32 --> a r^{2} =32
    U6=2048-->a r^{5} =2048
     \frac{a r^{2} }{a r^{5} } = \frac{32}{2048}
     \frac{1}{ r^{3}} = \frac{1}{512}
     r^{3} =512-->r=8
    U3=32-->a. 8^{2} =32
    64a=32-->a= \frac{1}{2} =U1
3. S4=19.500 -->  \frac{a( 5^{4}-1) }{5-1} =19.500
    \frac{a(625-1)}{4} =19.500
    \frac{624a}{4}=19.500
   156a=19.500
   a=0.125
   U4= ar^{3} =0,125. 5^{3}=0,125.125=15,625
*semoga yang no.3 gak salah.
Dinot:oke
Dianrahma:salam kenal juga
salsa : 3 dan 4 ?
no.4 aku gak bisa. no.3 sudah. :)
okedeh terimakasih banyak ya:* hehe
sama-sama. :)
2014-03-31T23:37:04+07:00
Mungkin aku gak bisa jawab semuanya,,
1. Un=ar pangkat n-1
jadinya, 324=4r pangkat 4
r= 3
Sn= 484
2. bandingkan U6 dan U3 beserta rumusnya ntar dapatnya  r=4, a=2
3. a=125

duh cara panjangnya mana? kl gitu doang gangerti :(
aku kesulitan nulis rumusnya disini, coba kamu cai rumusnya dulu