Jawabanmu

2014-03-31T20:17:48+07:00
Reaksi redok adalah jika ada hasil naik dan turunya suatu bilok dalam sebuah reaksi
semoga bermanfaat :) 
Jawaban paling cerdas!
2014-03-31T23:57:35+07:00
Ada dua cara yaitu:

1. Cara Biloks
   a. Samakan jumlah atom yg terlibat reaksi redoks, dg menambahkan koefisien.
   b. tentukan kenaikan dan penurunan biloks, lalu setarakan kenaikan dan                         penurunan biloks ruas kanan dan kiri
   c. tambahkan ion H⁺(suasana asam) atau OH⁻ (suasana basa) agar jumlah muatan         diruas kiri = ruas kanan
   d. Samakan jumlah atom H dg menambah H₂O secukupnya pada ruas yang kurang         atom H
   e. Periksa jumlah atom O diruas kiri dan kanan. selesai

2. cara setengah reaksi
   a. Tuliskan reaksi reduksi dan oksidasi secara trpisah
   b. Setarakan jmlh atom selain H dan O dg menambah koefisien
   c. Setrakan jmlh atom O dan H
       Suasana asam : tambahkan H₂O pada ruas yg kekurangan atom O sebanyak                                         kekurangannya, lalu setarakan atom H dg menambahkan                                             ion H⁺ pada ruas yg lain
       Suasana basa : tambahkan H₂O pada ruas yg kelebihan atom O sebanyak                                            kelebihannya, lalu setarakan jumlah atom H dg menambahakan                                    ion H pada ruas yg lain
   d. Setarakan jmlh muatan pada masing² setengah reaksi dg menambahkan                     elektron secukupnya
   e. Setarakan jumlah elektron pada masing² setengah reaksi
   f. Jumlahkan ke-2 reaksi tsb. selesai
1 5 1