Jawabanmu

2014-03-31T19:46:24+07:00
1. Jalur utara: dari daerah Mesopotamia/Persia islam menebar ke timur melalui jalan darat ke Afganistan, Pakistan, dan Gujarat. kemudian melalui laut menuju Indonesia, yaitu ke pulau Sumatera (Aceh) lalu ke Kalimantan.
Jalur tengah: dari bagian barat lembah Yordania dan dibagian timur melalui Semenanjung  Arabia, khususnya Hadramaut yang menghadap langsung ke Indonesia. setelah itu masuk ke Sumatera barat, Jawa dan Sulawesi.
Jalur selatan: berpangkal di wilayah Mesir lalu melewati laut Arab, masuk ke Indonesia melalui pulau Sumatera, lalu ke pulau Jawa sampai pulau Maluku.
2. Proses penyebaran agama islam di Indonesia datangnya bersamaan dg kegiatan perdagangan yg dilakukan oleh para pedagang muslim di Asia barat dan Asia selatan menuju Asia timur. para pedagang muslim itu datang dari Arab,Persia dan India. letak Indonesia yg sangat strategis dalam jalur perdagangan internasional menyebabkan para pedagang itu singgah sementara di Indonesia. awalnya mereka hanya singgah sementara, lama kelamaan mereka tingal menetap dan berdirilah pemukiman-pemukiman muslim di pelabuhan-pelabuhan nusantara. dari sinilah timbul kontak dan sosialisasi dg penduduk pribumi. sehingga mulailah proses penyebaran islam.
3. - berita Arab, diketahui melaui pedagang arab yang melakukan perdagangan dg bangsa Indonesia. para pedagang arab telah datang ke Indonesia sejak masa kerajaan sriwijaya (abad ke-7 M). hubungan pedagang arab dg kerajaan Sriwijaya terbukti dg adanya 'Aja'ib Al Hind, yaitu sebuah kitab yang ditulis oleh Buzurg bin Shahriyar sekitar tahun 390 H / 1000 M, berbahasa Persia. kitab ini mencatat adanya kunjungan pedagang muslim ke kerajaan zabaj (sriwijaya).
2014-03-31T19:46:49+07:00
Buktinya:
1.adanya surat raja sriwijaya.
2.makam fatimah binti maimun.
3.makam sultan malik al-shaleh.
4.cerita marco polo.